_
Home / Medan / Warga Nelayan Indah Dapat Pelatihan Pembuatan Bak Sampah

Warga Nelayan Indah Dapat Pelatihan Pembuatan Bak Sampah

MEDAN, Waspada.co.id – Tim Pengambdian Kemitraan kepada Masyarakat (PKM) Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Prima Indonesia (UNPRI) menggelar kegiatan di Kampung Nelayan Indah Medan Labuhan, dengan judul pelatihan pembuatan tempat sampah unik.

“Kegiatan ini dalam rangka mendukung gerakan menjaga kebersihan lingkungan di Kampung Nelayan Indah, Medan Labuhan,” ujar Ketua tim PKM FE-UNPRI Yeni Ariesa SE MSi didampingi sejumlah dosen FE-UNPRI, kepada wartawan, Sabtu (28/12) lalu.

Dikatakannya, tim PKM FE-UNPRI tersebut dibagi menjadi lima tim, dengan tema yang berbeda, yaitu pelatihan pembuatan tong sampah dari dari bahan bekas, dalam upaya mendukung gerakan menjaga kebersihan lingkungan. Kemudian, pendampingan pembuatan tong sampah kreatif, serta pelatihan pembuatan tempat sampah unik, dan penyuluhan kegiatan sadar lingkungan, sembari melakukan sosialisasi kampanye gemar membuang sampah pada tempatnya.

Yeni menyebutkan, bahwa kegiatan itu diikuti pemuda pemudi Desa Kampung Nelayan Indah. “Melalui pelatihan ini, diharapkan pemuda pemudi peserta pelatihan menjadi pelopor dalam menjaga kebersihan lingkungan,” katanya.

Dari pantauan di lapangan, warga desa terutama pemuda pemudi desa, peserta pelatihan antusias menyambut dan mengikuti pelatihan yang diadakan tim PKM FE-UNPRI.

Wakil Dekan FE-UNPRI Hendry SE MM kepada wartawan, Minggu (29/12), mengucapkan terima kasih kepada pihak terkait di Desa Nelayan Indah dan masyarakat setempat, karena telah menerima tim PKM F-UNPRI.

Hendry berharap, kegiatan yang dilaksanakan itu, bisa memberikan kontribusi terutama dalam hal kebersihan lingkungan yang diikuti pemuda pemudi Desa Nelayan Indah. Ditambahkan Hendry juga, menjaga lingkungan hidup dapat dengan membuang sampah pada tempatnya atau dengan menjaga kebersihan sekitar kita.

“Menggelar sebuah kegiatan berkaitan dengan gerakan menjaga kebersihan lingkungan diharapkan dapat merubah perilaku masyarakat terhadap sampah dan peduli terhadap lingkungan,” katanya.

Sementara itu, Rektor UNPRI Dr Chrismis Novalinda Ginting S.SiT M.Kes menyambut baik kegiatan tim PKM FE-UNPRI tersebut. Menurutnya, kegiatan seperti itu harus rutin dilaksanakan. Lingkungan hidup yang bersih, katanya menciptakan rasa kenyamanan serta kesehatan bagi setiap individu yang tinggal di dalamnya.

“Kurangnya kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan juga dapat menimbulkan bencana yang lebih besar,” kata rektor lagi.

Ketua BPH UNPRI Dr Tommy Leonard SH MKn merespon positif dan mendukung penuh program PKM FE-UNPRI tersebut. Ia berharap keberadaan Tim PKM FE-UNPRI ini dapat meningkatkan kepedulian dan partisipasi masyarakat akan kebersihan lingkungan.

Apalagi, kata Tommy, saat ini persoalan sampah menjadi yang sangat serius, untuk itu melalui kegiatan semacam ini, sedikit banyaknya dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan kebersihan lingkungan. (wol/mrz/data2)

Editor: Sastroy Bangun

Check Also

2 Alumni FKIP UNPRI Terima Beasiswa S-2 Korea Selatan

MEDAN, Waspada.co.id – Dua alumni Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Prima Indonesia (UNPRI) masing-masing Winro ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.