_
Home / Warta / Indonesia Hari Ini / Wapres: Tutup Semua Celah Korupsi
foto: antara

Wapres: Tutup Semua Celah Korupsi

JAKARTA, Waspada.co.id – Wakil Presiden, KH Ma’ruf Amin, menghadiri peringatan Hari Antikorupsi sedunia (Hakorda) yang digelar di Gedung Merah Putih Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta, Senin (9/12).

Dalam sambutannya, Ma’ruf kembali mengingatkan semua pihak untuk menutup celah terjadinya korupsi. Hal ini, kata Ma’ruf, sebagaimana arahan Presiden Joko Widodo kepada seluruh anggota kabinet pada saat pelantikan 23 Oktober 2019.

“Jangan korupsi, ciptakan sistem yang menutup celah terjadinya korupsi,” ujarnya di Gedung KPK, Jakarta, Senin (9/12).

Ma’ruf mengatakan peringatan Hakorda harus menjadi momentum upaya penyadaran publik atas bahaya korupsi yang menjadi salah satu persoalan krusial di Indonesia. Korupsi, kata Wapres, kejahatan sistemik dan menjadi masalah serius bagi pembangunan di Indonesia.

Wapres menilai aksi pencegahan korupsi harus diprioritaskan pada sektor perizinan dan sektor pelayanan publik yang berkaitan langsung dengan masyarakat. Seperti pelayanan administrasi pertanahan, pelayanan kesehatan, dan pelayanan pendidikan.

Karenanya, Pemerintah akan konsisten melakukan perbaikan regulasi dan tata kelola kelembagaan. Selain itu, Pemerintah mengoptimalkan pemanfaatan teknologi informasi untuk menutup peluang korupsi.

“Kebijakan yang diterapkan antara lain melalui pengembangan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang mencakup e-planning, e-procurement, e-budgeting, dan e-government,” katanya lagi. (wol/aa/republika/data2)

Editor AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Polri: Pihak yang Sembunyikan Harun Masiku Akan Dijerat Pidana!

JAKARTA, Waspada.co.id – Polri menegaskan akan memproses secara hukum pidana, bagi pihak yang nantinya terbukti ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.