Wali Kota Buka Turnamen Badminton di GOR KONI, Diikuti 585 Peserta

foto: ist

BANDA ACEH, Waspada.co.id – Aceh Badminton Open Tournament 2019 bernama Banteng Cup resmi dimulai. Event yang diikuti oleh 585 peserta ini dibuka Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman, Jumat (20/12) di GOR KONI Aceh.

Banteng Cup ini dibuka secara resmi oleh Wali Kota Banda Aceh dengan melakukan pukulan shuttlecock kehormatan oleh Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman bersama Ketua DPD PDIP Aceh, Muslahuddin Daud.

Dalam sambutannya, Wali Kota menyambut baik turnamen ini digelar. Apalagi peserta mencapai 585 orang yang berasal dari berbagai kabupaten/kota di Aceh.

“Tentunya kita sangat senang event sebesar ini digelar di Banda Aceh. Ini sangat positif bagi peningkatan prestasi pebulutangkis-pebulutangkis di Aceh. Jujur saat ini prestasi bulutangkis Aceh masih tertinggal dari daerah lain,” kata Aminullah.

Dengan turnamen ini diharapkan akan melahirkan talenta-talenta lokal handal yang mampu mengharumkan nama daerah di event-event bulukangkis, baik tingkat nasional maupun internasional.

Kepada panitia penyelenggara, Aminullah menyampaikan apreaiasi dan terimakasih dipilih Banda Aceh sebagai lokasi perfandingan.

“Tentunya dengan turnamen sebesar ini akan berdampak bagi pergerakan ekonomi masyarakat kota. Peserta yang berasal dari berbagai daerah di Aceh tentu akan membelanjakan uangnya di kota ini, baik untuk transportasi, konsumsi, penginapan hingga untuk oleh-oleh,” kata Aminullah.

Selain itu, lanjut Wali Kota, turnamen bulutangkis Banteng Cup yang mempertandingkan 470 pertandingan tentunya akan memberi hiburan tersendiri bagi warga kota.

“Memang banyak sekali manfaatnya, selain melahirkan pemain-pemain handal, pergerakan ekonomi dan silaturrahmi juga dapat menjadi ajang hiburan bagi masyarakat,” kata Aminullah.

Wali Kota kemudian berharap turnamen ini dapat digelar setiap tahun dan menjadi bagian dari program 1000 event yang digasa Pemerintah Kota Banda Aceh dalam rangka mendongkrak tingkat kunjungan wisata.

Panitia pelaksana mengatakan, turnamen ini merupakan turnamen bulutangkis terbesar yang pernah digelar di Aceh. Selain jumlah peserta yang mencapai 585 pebulutangkis, event ini juga mecahkan rekor hadiah, yakni Rp 100 juta.

Benteng Cup berlangsung selama enam hari, yakni dari tanggal 20 s/d 25 Desember.

Turnamen ini mempertandingkan 470 pertandingan dari sejumlah nomor.

Adapun nomor-nomor yang dipertandingkan adalah:
– Tunggal Usia Dini Putra (kelahiran tahun 2009)
– Tunggal Usia Dini putri (kelahiran tahun 2009)
– Tunggal Anak-anak Putra Putri (kelahiran tahun 2007)
– Tungga Anak-anak Putri (kelahiran tahun 2007)
– Tunggal Dewasa Putra
– Ganda Dewasa Putra
– Ganda Veteran Jumlah Umur 85 tahun
– Ganda veteran jumlah umur 95 tahun.