_
Home / Sumut / Usulan Proyek Strategis di Sumut Dapat Sambutan Pusat
foto: Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu

Usulan Proyek Strategis di Sumut Dapat Sambutan Pusat

MEDAN, Waspada.co.id – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Edy Rahmayadi, menyambut kedatangan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa di Rumah Dinas Gubernur, Sabtu (21/12).

Dalam kunjungan tersebut, usulan prioritas proyek strategis di Sumut mendapat sambutan dari pemerintah pusat. Penerimaan usulan tersebut disampaikan Menteri PPN/Kepala Bappenas RI saat temu ramah bersama Jajaran Pemprovsu, di antaranya Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah, Sekdaprov Dr Hj R Sabrina, Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting, dan lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Suharso menyaksikan paparan Gubsu terkait rencana utama pembangunan strategis di Sumut, seperti Mebidangro (Medan-Binjai-Deliserdang-Karo) hingga 2023. Di antaranya pembangunan sport center, Light Rapid Transit (LRT) dan Bus Rapid Transit (BRT), jalan tol dalam kota, dan lainnya, yang diharapkan menjadi bagian dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN).

“Beberapa poin yang disampaikan dan diajukan kepada kita, semua itu telah masuk dalam RPJMN kita. Apalagi saat ini, sedang diproses Perpres (Peraturan Presiden) tentang Percepatan Pembangunan Sumatera Utara. Karena Sumut menjadi satu mesin pertumbuhan Indonesia, sehingga masuk dalam fokus perhatian pemerintah (pusat),” ujar Suharso.

Ditegaskan Suharso, bahwa saat ini Kementerian PPN/Bappenas berperan sebagai perumus kebijakan dan peraturan. Sehingga masing-masing lembaga pemerintahan khususnya kementerian tidak saling mendahului.

“Kalau sudah lengkap semua master plan (rencana utama) dan kajiannya, itu akan menjadi ranah kita. Maka segera, kirim surat seperti itu (terkait rencana pembangunan), nanti kami teruskan dan kami akan undang Gubernur,” kata Suharso.

Mendapat tanggapan soal penerimaan pemerintah pusat terhadap usulan tersebut, Gubsu pun menyampaikan beberapa harapan, terkait bantuan seperti pengadaan lahan yang pada dasarnya, menjadi kewenangan pemerintah pusat.

Edy juga menjelaskan alasan disusunnya usulan hingga rencana utama fokus pembangunan tersebut. Di antaranya seperti penguraian kemacetan kota, pembangunan sarana prasarana publik yang memadai hingga memperkuat perekonomian.

Plt Wali Kota Medan Akhyar Nasution juga mengharapkan adanya langkah pusat menormalisasi sungai. Bupati Deliserdang Ashari Tambunan berharap pembangunan strategis nasional di Danau Toba bisa memberikan manfaat kepada kawasan yang dipimpinnya. Utamanya berkaitan dengan bidang pariwisata, seperti perjalanan melewati lokasi wisata di Deliserdang.(wol/aa/data3)

editor AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Gubernur Ajak Para Petambang Beralih ke Pertanian

MADINA, Waspada.co.id – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Edy Rahmayadi, menyerahkan bantuan bibit, ternak, dan alat ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.