Tokopedia Berkontribusi Rp2,7 Triliun Dalam Transaksi Digital di Sumut

WOL Photo
Iklan

MEDAN, Waspada.co.id – Sepanjang tahun 2018, Tokopedia memberikan kontribusi sebesar Rp2,7 triliun di Provinsi Sumatera Utara.

Dan kontribusi perekonomian oleh perusahaan-perusahaan teknologi di Indonesia menunjukkan tren positif di Sumatera Utara. Hal itu berdasarkan hasil riset Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Fakultas Ekonomi dan Bisni Universitas Indonesia (LPEM FEB UI) terhadap Tokopedia.

Hasil penelitian mereka menyebutkan selama 2018 lalu, Gross Merchandise Vauie (GMV) Tokopedia menembus angka Rp 3 triliun. Dan nilai ini diprediksi terus bertambah menjadi Rp222 triliun pada tahun 2019.

External Communication Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya, menuturkan bahwa dan angka itu setara 1,5 persen perekonomian Indonesia saat ini.

“Kami terus berkomitmen menggerakkan perekonomian dalam negeri mulai dari menciptakan lapangan kerja, menciptakan peluang usaha dan lainnya,” tuturnya pada Media Briefing di Grand Aston City Hall Medan, Kamis (5/12).

iklan

Dan masih dengan hasil riset, secara khusus di Sumatera Utara Tokopedia telah menciptakan 21.746 lapangan pekerjaan. Jumlah ini membuat total kontribusi Tokopedia terhadap Gross Domestics Product (GDP) Sumut mencapai Rp2,795 triliun.

“Tentunya, tahun 2019 ini sampai nanti di pengujung tahun kita optimis meningkat menjadi Rp 10,861 triliun. Karena Tokopedia telah 10 tahun hadir di Indonesia,” ungkapnya.

Ke depan Tokopedia juga berkomitmen untuk terus berakselerasi dalam melakukan pemerataan ekonomi digital Indonesia, berkomitmen berevolusi menjadi sebuah ekosistem untuk mempermudah pelaku-pelaku usaha dalam mengembangkan bisnis mereka dengan memanfaatkan teknologi digital.

“Lewat Mitra Tokopedia, kami berharap warung-warung di Indonesia dapat menjadi ‘warung super’ dan ikut berkontribusi terhadap ekonomi digital di Indonesia, khususnya di Sumut,” tandasnya. (wol/eko/data2)

Editor: Agus Utama

Iklan