Ternyata Fans Barca Ingin Klopp Jadi Pelatih

foto: zimbio

BARCELONA, Waspada.co.id – Keperkasaaan Barcelona musim ini ternyata belum memuaskan hati para pendukunganya. Ternyata, sosok Ernesto Valverde masih dianggap kurang layak menukangi Lionel Messi cs.

Dalam satu survei, fans Barca ramai-ramai menginginkan Jurgen Klopp di kursi pelatih Camp Nou. Klopp yang sukses melatih Liverpool hingga meraih gelar Piala Dunia Antarklub 2019, Liga Champions serta kandidat juara Liga Premier musim ini mendapat tempat di hati fans Barca.

Pada paruh pertama musim ini, Barcelona duduk manis di puncak klasemen sementara La Liga dengan keunggulan dua poin dari Real Madrid. Dari 18 pertandingan yang telah dilakoni, El Blaugrana mengoleksi 39 poin.

Meski demikian, posisi Barcelona di puncak klasemen sementara tidak ditanggapi positif oleh para pendukung. Mereka kecewa dengan penampilan kalah tiga kali pada awal musim dari Athletic Bilbao, Granada, dan Levante. Hasil imbang melawan Madrid di El Clasico turut menambah kekecewaan terhadap kinerja Valverde.

Tak heran, sebanyak 80 persen menginginkan Valverde angkat kaki dari Camp Nou ketika kontraknya berakhir. Klopp menjadi favorit fans dengan meraih 33,6 persen suara mengungguli legenda Barcelona asal Belanda, Ronald Koeman.

Di belakangnya, ada nama pelatih Timnas Belgia Roberto Martinez yang meraih suara 17 persen dan Josep Guardiola yang pernah menjadi pelatih sebelum memilih gabung Manchester City. Selain sejumlah prestasi tahun ini, fans Barca tertarik jasa Klopp karena The Reds belum terkalahkan di Liga Premier dalam 20 pertandingan terakhir. (wol/aa/dm/data2)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL