Ratusan Pelaku UMKM Ramaikan KUMKM 2019

Ratusan Pelaku UMKM Ramaikan KUMKM 2019

MEDAN, Waspada.co.id – Dibuka lansgung oleh Plt Kadis Koperasi dan UKM Provinsi Sumatera Utara, Mhd Haykal.
Sebanyak 350 Usaha Menengah Kecil Mikro (UMKM) ramaikan Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (KUMKM) 2019.

Event ini berlangsung 6-8 Desember 2019 di Pasar Kedan, Pasarnya UMKM Sumut Jalan Williem Iskandar, Komplek MMTC Pancing Medan.

Plt Kadis Koperasi dan UKM Provinsi Sumatera Utara, Mhd Haykal menuturkan kegiatan yang bertemakan UKM Naik Kelas Sumut Bermartabat ini, dan mendorong para pelaku UMKM semakin maju.

“Kami ingin para UMKM bisa lebih maju dan dipedulikan serta diberi wadah untuk para pelaku usaha, agar tidak ada lagi kegelisahan yang timbul dari para UMKM,” tuturnya, Jumat (6/12) malam.

Dan pelaku UKM tidak hanya berasal dari Medan, namun juga berasal dari sejumlah daerah seperti Pematangsiantar, Padangsidimpuan, Batubara,”

Advertisement

Pelaksanaan event ini, sengaja dilaksanakan di pasar agar gebyar masyarakat muncul dan pelaku UKM mengenal iklim mikro dan kecil. Kalau dibuat di mall kesannya mahal. Kita mulai dari pasar, dan inilah kita,” ucapnya.

Program KUMKM 2019 ini merupakan event terbesar di Sumatera Utara. Para pelaku UKM yang dihadirkan merupakan pemula dan baru muncul namun sudah ada pasar.

“Event ini sebagai aspiratif dalam menjalankan visi misi Gubsu dan Wagubsu dalam konteks mata pencarian agar masyarakat bisa mencari kebutuhan hidup, “jelasnya.

Dan masyarakat terutama para pelaku UMKM bisa lebih berkembang lagi dan terus maju menciptakan sesuatu yang memiliki daya saing.

“Karena memang geliat transaksi UKM di Sumatera Utara cukup siginifikan. Dan diharapkan 350 stand dapat memeroleh pembelian yang siginifikan dari masyarakat Sumut. Pasar UKM ini kedepannya tidak mengarah kepada elitnya, tetapi bagaimana tingkat higienisnya dan menjual secara layak, jadi itu yang kita mau, ” tandanya.(wol/rls/data3)