_
Home / Sumut / Pemprovsu Sambut Rencana Rute Penerbangan Baru ke Sumut
foto: Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu

Pemprovsu Sambut Rencana Rute Penerbangan Baru ke Sumut

MEDAN, Waspada.co.id – Pariwisata merupakan salah satu sektor yang menjadi prioritas Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu). Berbagai upaya dan kerja sama ditempuh untuk menggenjot dan meningkatkan kunjungan wisatawan. Apalagi, Danau Toba juga salah satu destinasi super prioritas.

Untuk itu, Gubernur Sumut (Gubsu) Edy Rahmayadi sangat mengapresiasi rencana pengadaan rute baru penerbangan ke Sumut. Apresiasi ini disampaikannya saat menerima Direktur Utama AirAsia Indonesia Veranita Yosephine Sinaga dan rombongan di ruang kerja, Kamis (12/12).

“Kami selaku Pemerintah Provinsi Sumut tentu sangat menyambut baik. Bagaimanapun, kolaborasi adalah kunci yang mempercepat pembangunan dan cita-cita kita. Pemerintah tentu tak bisa jalan sendiri,” kata Edy didampingi Wakil Gubernur Sumut (Wagubsu) Musa Rajekshah.

Tidak sekadar rute penerbangan, Edy juga berharap kekayaan dan keberagaman Sumut diperkenalkan melalui media promosi AirAsia. Antara lain, majalah di dalam pesawat, konten media website, dan aplikasi. Apalagi, maskapai ini sangat familiar di wilayah Asia dan potensial menarik wisatawan.

Kemudian, Gubsu juga menyampaikan harapan agar pembukaan rute nantinya tidak hanya fokus di Kualanamu International Airport (KNIA). Tetapi juga bandara-bandara lain, seperti Bandara Silangit. Wagubsu juga mengapresiasi rencana penjajakan rute baru yang masuk ke Sumut.

“Kita ketahui bersama, bahwa salah satu kunci kemajuan daerah adalah konektivitas dan infrastruktur. Memperbanyak rute ke Sumut, mudah-mudahan akan membuka lebih banyak kesempatan baik yang mendukung pembangunan,” ujar Wagub.

Berbagai event tingkat nasional dan internasional yang terselenggara di Sumut, seperti Festival Danau Toba, Sail Nias, surfing di Nias, reli maupun event lainnya, juga diharapkan Wagub dapat dibantu dipromosikan agar makin banyak wisatawan tertarik berkunjung ke Sumut.

Direktur Utama AirAsia Indonesia, Veranita Yosephine Sinaga, menyampaikan kunjungannya bertujuan untuk silaturahim sekaligus diskusi rencana AirAsia Indonesia membuka rute penerbangan baru ke Sumut. Salah satu tujuannya untuk membantu peningkatan pariwisata dan pertumbuhan ekonomi Sumut.

“Kita sangat optimis dengan Sumut. Berdasarkan rute-rute yang ada ke Sumut selama ini seperti Medan-Yogyakarta, Medan-Kuala Lumpur dan lainnya itu okupansinya selalu 85 persen,” jelas Veranita.

Dirinya sepakat dan membenarkan bahwa upaya dukungan AirAsia terhadap pengembangan pariwisata Sumut tidak berhenti sekedar membuka rute baru. Melainkan, juga akan membangun kolaborasi dengan komunitas pariwisata setempat, mempromosikan budaya dan usaha penduduk lokal di daerah wisata seperti Danau Toba melalui aset-aset yang dimiliki AirAsia. (wol/aa/data3)

editor AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Gubsu: Paskibra Butuh Keterampilan dan Kedisiplinan

MEDAN, Waspada.co.id – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Edy Rahmayadi, membuka kegiatan Barisan MAN 1 Bersatu ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.