Pelayanan Kesehatan Prioritas Bagi Gubsu

foto: Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu
Iklan

MEDAN, Waspada.co.id – Pelayanan kesehatan merupakan salah satu kebutuhan dasar masyarakat yang harus dipenuhi untuk menunjang kehidupan yang layak. Pastikan manfaat pelayanan kesehatan dirasakan masyarakat, khususnya yang kurang mampu,

Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Edy Rahmayadi, rutin melakukan peninjaun ke rumah sakit umum sekaligus memberikan bantuan biaya pengobatan. Pada Jumat (27/12), Edy mengunjungi RSUP Haji Adam Malik Medan. Tak sekadar meninjau fasilitas dan layanan, Gubsu juga memasuki ruangan pasien, menyapa, dan beramah-tamah dengan masyarakat.

Kadis Kesehatan Provinsi Sumut, Alwi Mujahit, yang kerap mendampingi Gubernur mengatakan bahwa kunjungan Edy Rahmayadi ke rumah sakit merupakan program rutin yang dilakukan tiga bulan sekali.

“Pak Gubernur selalu menekankan bahwa pelayanan kesehatan khususnya bagi mereka yang kurang mampu harus diprioritaskan,” katanya, Senin (30/12).

Jumat lalu, kata Alwi, banyak pasien yang dibesuk dan memperoleh tali asih dari Gubsu. M Alwi Afrianto (5 tahun), bocal asal Asahan didiagnosis mengidap Tumor Wilms, yakni sejenis tumor ginjal yang menyebabkan pembengkakan perut secara tidak wajar.

iklan

Lalu, bayi kembar siam dempet perut dan dada asal Labuhanbatu juga ditengok. Ada juga Gabriel Alvaro Manullang (6 tahun), warga Tapanuli Tengah korban kecelakaan lalu lintas yang mengakibatkan cedera pada tengkorak kepala bagian belakang dan harus dioperasi.

“Gabriel dan keluarga diberangkatkan dari Tapteng ke Medan untuk mendapatkan pelayan terbaik dan langsung dioperasi atas instruksi Gubernur,” jelas Alwi.

Selain itu, Sharoon Athifa Armaya (6 tahun), gadis cilik asal Sibuhuan yang menderita komplikasi kelainan darah dan gangguan pernafasan. Begitu pula Meimeris Tumanggor, TKI asal Tapteng yang dipulangkan Gubernur dan dirawat di RS Haji Medan.

Ka Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprov Sumut, Hendra Dermawan Siregar, menambahkan Gubsu merupakan sosok pemimpin yang sangat dekat dengan masyarakat. Kedekatan ini memudahkan Gubsu berkomunikasi dan memperoleh pengaduan langsung dari masyarakat yang kurang mampu. (wol/aa/data2)

editor AUSTIN TUMENGKOL

Iklan