PAUD Dapat Membentuk Karakter Anak

WOL Photo

MEDAN, Waspada.co.id – Anak usia dini merupakan cikal bakal pembentukan generasi emas yang harus diupayakan sebagai langkah membangun bangsa ke depannya. Dengan memiliki generasi emas tentunya Indonesia dan masyarakat Kota Medan khususnya akan semakin memiliki peradaban yang tinggi di masa mendatang. Diharapkan nantinya anak-anak akan semakin pandai mengembangkan dirinya sendiri, serta semakin memiliki karakter yang kuat dan cerdas.

Demikian disampaikan Bunda PAUD Kota Medan Hj Nurul Khairani Akhyar usai menghadiri Gebyar PAUD 2019 Provinsi Sumut di Asrama Haji Medan, Senin (16/12) kemarin.

Gebyar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ini diikuti sebanyak 1000 anak-anak yang berasal dari 4 kabupaten/kota di Sumatera Utara di antaranya Kota Medan, Kota Binjai, Kabupaten Deli Serdang serta Kabupaten Langkat. Gebyar PAUD tersebut juga diisi dengan berbagai pelombaan diantaranya lomba tari kreasi daerah serta lomba gerak dan lagu.

Lenggak lenggok gerakan senam gemar yang dibawakan seluruh anak-anak PAUD bersama Bunda PAUD Provinsi Sumut Hj Nawal Edy Rahmayadi, Bunda PAUD Kota Medan, Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Utara Arsyad Lubis, serta Ketua Himpunan Pendidik dan Tenaga Pendidikan Usia Dini Indonesia (Himpaudi) Sumut, kabupaten/kota juga ikut bergembira bersama dalam tarian tersebut.

Dikatakan Hj Nurul Khairani Akhyar, PAUD sebagai pendidikan awal bagi anak usia dini harus terus ditingkatkan kualitasnya terutama dalam memberikan pendidikan dasar karakter dan kreatifitas anak melalui berbagai perlombaan yang ada seperti gebyar lomba anak TK dan Paud yang diselenggarakan hari ini.

“Saya berharap lomba seperti ini terus dilaksanakan dalam rangka menyediakan wadah bagi anak-anak kita sekaligus memotivasi mereka untuk maju, karena melalui perlombaan mereka akan mengetahui bagaimana berkompetisi dan mempersiapkan diri untuk maju,” harap Nurul.

Sebelumnya, Bunda PAUD Provinsi Sumut Hj Nawal Rahmayadi mengatakan sebagai Bunda PAUD Provinsi Sumut Ia mengaku bangga. Sebab, acara ini diisi dengan perlombaan di tingkau PAUD yang dapat merangsang pendidikan anak-anak sejak anak masih dalam kandungan dan hendaknya dilakukan secara bertahao, berulang, konsisten dan tuntas sehingga memiliki manfaat bagi anak.

“Sebagai Bunda PAUD Provinsi Sumut, saya mengucapkan terima kasih atas kepedulian dan dukungan Bapak Gubernur Sumut Edy Rahmayadi. Semoga perhatian yang diberikan kepada anak-anak generasi bangsa ini membawa hasil maksimal dari salah satu program yang ada untuk menjadikan pendidikan bermartabat di Sumatera Utara,” harap Nawal.(wol/mrz/data2)

Editor: SASTROY BANGUN