Nostalgia Ijeck di Ajang Kejurda MX-GTX IMI Sumut 2019

foto: Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu

GALANG, Waspada.co.id – Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu), Musa Rajekshah, menghadiri penutupan Kejuaraan Daerah Motocross dan Grasstrack (MX-GTX) Ikatan Motor Indonesia (IMI) Sumut 2019 yang digelar di Jaharun Centre Circuit, Jalan Besar Petumbukan, Desa Jaharun, Kecamatan Galang, Kabupaten Deliserdang, Minggu (22/12) kemarin.

Wagubsu mengapresiasi balapan yang melombakan total 15 kelas tersebut dan berharap akan lahir pebalap berprestasi dari Sumut.

“Salut saya melihat pelaksanaan Kejurda Motorcross IMI dan Babak Final Supertrack Indonesia 2019. Ke depan, ini bisa menjadi ajang prestasi, bukan cuma hiburan semata, jadi jangan lagi balap di jalanan, melainkan berprestasilah di dunia balap,” ujar Wagub atau biasa akrab disapa Ijeck.

Kemudian, Ijeck pun sedikit bernostalgia sembari mengingat saat Jaharun Centre Circuit masih dalam proses pembangunan.

“Dulu kami ke sini masih dalam tahap pembangunan. Sekarang, sirkuitnya sudah jadi dan bagus sekali. Tak hanya memikirkan peserta, tapi juga penonton dipikirkan dengan matang, mulai dari tata letak hingga keselamatan agar acara bisa berjalan dengan baik,” ucap Ijeck.

Agar sirkuit ini bisa terus eksis, menurut mantan Ketua IMI Sumut selama dua periode itu, pelaksanaan lomba harus terus digelar dengan baik. Bukan tidak mungkin nantinya event-event internasional akan digelar di sirkuit ini.

Wagubsu juga senang melihat antusias peserta yang mengikuti Kejurda tersebut. Selain menyalurkan hobi otomotif dalam hal yang positif, para peserta juga dapat mengasah kemampuan dalam balapan.

“Saya tadi menyaksikan balapan kelas 65cc. Para peserta ini sangat antusias, rata-rata peserta ini anak-anak SD dan SMP. Ini harus kita dukung, sebab kegiatan ini sangat positif bagi anak-anak kita ini. Banyak anak-anak kita hobi otomotif, harus kita dukung dan arahkan. Kalau senang balap, arahkan jadi pebalap, agar terhindar dari balap liar dan terutama narkoba,” ungkapnya.

Gelaran balap melombakan total 15 kelas dan memperebutkan trofi Dandim 0204/Deliserdang Letkol KAV Syamsul Arifin. Kejurda juga dimeriahkan oleh crosser pro, yakni Farhan Hendro dan Diva Ismayana, yang berlaga pada kelas MX 250cc. Di kelas GTX, ada sang legenda Akbar Taufan unjuk kebolehan.

“Saya senang melihat Pak Edy dan Pak Ijeck fokus mengembangkan sport tourism di Sumut, khusus di level internasional. Selain meningkatkan perekonomian warga, nantinya juga dapat melahirkan pebalap-pebalap andal dari Sumut,” ucap Syamsul Arifin. (wol/aa/data2)

editor AUSTIN TUMENGKOL