_
Home / Medan / Nadiem Akan Ganti Sistem UN, Ini Kata Pengamat Pendidikan

Nadiem Akan Ganti Sistem UN, Ini Kata Pengamat Pendidikan

MEDAN, Waspada.co.id – Terkait dengan wacana Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makariem yang akan mengganti UN dengan sistem penilaian baru pada 2021 mendatang.

Hal tersebut mendapatkan sorotan dari salah seorang Pengamat Pendidikan Sumut, Rizal Hasibuan. Menurutnya wacana yang ditetapkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makariem adalah kebijakan yang tepat.

“Karena Pak Menteri hanya akan mengganti UN jadi asesmen kompetensi, bagi saya UN adalah sesuatu yang bukan menjadi momok bagi para pelajar, justru Ujian Nasional sebagai salah satu kegiatan belajar yang mudah dan menyenangkan,” tuturnya kepada Waspada Online, Jumat (13/12).

Sehingga dengan wacana yang akan ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, ini akan membentuk karakter baru bahwa Ujian Nasional adalah sesuatu yang berdasarkan standardisasi pendidikan namun tidak sesuatu hal yang menakutkan bagi pelajar.

“Tentu asesmen yang baru nantinya, bisa mendorong para pelajar dapat menjalankan pola belajar dengan baik sehingga dapat melahirkan para SDM yang berkompeten,” terangnya.

Rizal juga menambahkan, bahwa sistem Ujian Nasional sekarang sudah jauh lebih baik namun ada beberapa yang harus diperhatikan pemerintah terutama dalam fasilitas.

“Karena masih banyak sekolah-sekolah yang belum memadai akan fasilitas, seperti komputer dan layanan internet, sehingga ke depan pemerintah harus lebih memikirkan hal tersebut. Mungkin alternatif atau sarannya adalah dengan memanfaatkan gadget atau teknologi terbaru, sehingga para pelajar dapat melaksanakan ujian dengan mudah dan menyenangkan,” tambahnya.

“Kita sangat mendukung kebijakan Pak Menteri, semoga ini menjadi upaya baru untuk meningkatkan standart pendidikan di Indonesia yang lebih baik,” tandasnya.(wol/eko/data3)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Pemerintah AS Dukung Pembangunan Infrastruktur Transportasi Sumut

MEDAN, Waspada.co.id – Sebagai bagian dari dukungan pemerintah AS untuk infrastruktur transportasi di Indonesia, Departemen ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.