MKHA Ajak Rasakan Pengalaman Berbeda di Malaysia

WOL Photo/Ega Ibra

MEDAN, Waspada.co.id – Delegasi Malaysia Kampungstay & Homestay Association (MKHA) kunjungan silaturahim ke Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi “Pembangunan” (STIK-P) Medan, Jl SM Raja, Jumat (13/12).

Kedatangan delegasi MKHA diterima langsung oleh Ketua STIK-P Dr H Sakhyan Asmara MSP didampingi Puket I Austin Tumengkol SSos MIKom, Puket II Suprapti Indah Putri SP MIKom, dan Prof Dr H Suwardi Lubis MS.

Perwakilan MKHA terdiri atas Assoc Prof Dr Hj Mohamed Saat Bin Ismail dan Zohaime Bin Muhammad Sori didampingi Director Tourism Malaysia Medan Hishamuddin Mustafa mengakui kunjungan ini dilakukan dalam rangka silaturahim sekaligus memperkenalkan sejumlah homestay di beberapa kota di Malaysia, seperti Melaka, Selangor, Negeri Sembilan, dan lainnya.

“Jadi memang program ini mengajak seseorang merasakan pengalaman tinggal di kampung-kampung homestay di Malaysia. Dalam program ini, wisatawan diajak tinggal sembari merasakan keindahan alam dan belajar budaya setempat,” ujarnya.

“Setiap homestay menawarkan wisata lalu diperkenalkan pula tentang kebiasaan-kebiasaan warga setempat serta makanan khas yang ada,” tambah Mohamed Saat menambahkan homestay tidak sekadar menawarkan penginapan.

Untuk harga, katanya, memang jauh di bawah penginapan atau hotel pada umumnya. Soal kebersihan atau lainnya, tidak usah diragukan karena setiap tahun MKHA dan pemerintah langsung cek homestay yang ada di kampung-kampung,” terangnya.

Ketua STIK-P, Dr H Sakhyan Asmara MSP, menyambut baik kunjungan MKHA, karena memang homestay ini menawarkan serangkaian program menarik serta menambah pengalaman maupun wawasan.

“Karena memang masyarakat Indonesia sering berkunjung ke Malaysia untuk berbagai kepentingan seperti cek kesehatan dan pendidikan,” katanya.

Sakhyan pun berharap ke depan STIK-P dan MKHA menjalin kerja sama sehingga program homestay maupun kampungstay tersebut bisa dipromosikan lebih jauh di Kota Medan. (wol/at/data3)

Editor AGUS UTAMA