Menko Polhukam Pastikan Semua Sudah Dipersiapkan Guna Pengamanan Natal

Mahfud MD. (Foto: Merdeka.com)

JAKARTA, Waspada.co.id – Seluruh umat Kristiani akan merayakan Natal pada 25 Desember mendatang. Menko Polhukam, Mahfud MD, memastikan pemerintah termasuk kepolisian sudah mempersiapkan segala hal agar perayaan Natal berlangsung aman dan lancar.

“Ya semuanya sudah disiapkan untuk pengamanan Natal ya. Kita sudah Rakor lintas bidang dari sudut keamanan sudah, polisi TNI sudah menyiapkan segala antisipasi,” kata Mahfud di kantornya, Jakarta, Senin (23/12).

Dia juga menjelaskan, fasilitas infrastruktur juga sudah disiapkan semuanya. “Penyediaan minyak di jalan sudah, tempat istirahat sudah, semua sudah disiapkan lah,” jelas Mahfud.

Dia berharap rakyat nyaman dalam merayakan natal dan tahun baru. Dan pemerintah sudah berkerja sama dengan semua pihak. “Kalau ada sesuatu yang aneh ya, supaya segera dilaporkan,” pungkasnya.

Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis menyatakan, apel kesiapan pengamanan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 sengaja digelar di Medan, tidak lagi di Jakarta. Tujuannya ingin memberi motivasi kepada personel di daerah ini.

Kapolri memimpin apel ini bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. Kegiatan itu juga dihadiri Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dan para pejabat utama Polda Sumut Kodam I Bukit Barisan.

Idham sempat ditanya tentang daerah dengan kerawanan keamanan jelang Natal dan Tahun Baru. Dia mengatakan, tingkat kerawanan di seluruh daerah di Indonesia telah dipetakan. Sebanyak 120.000 personel dikerahkan untuk memastikan keamanan bagi masyarakat.

“Operasi Lilin tahun ini melibatkan 120.000 personel gabungan TNI dan polri aparat pemerintah daerah, serta organisasi masyarakat,” sebut Idham.

Idham berharap masyarakat berperan aktif untuk menjaga situasi kondusif. “Mari kita kerjasama kita, karena pengamanan Natal dan Tahun Baru bukan hanya domain TNI dan Polri,” tegasnya. (merdeka/ags/data3)