Menembak dan Balap Sepeda Tambah Emas Merah Putih

foto: twitter

MANILA, Waspada.co.id – Indonesia meraih medali emas SEA Games 2019 dari cabang menembak melalui Vidya Rafika Rahmatan Toyyiba/Fathur Gustafian. Vidya/Fathur mendominasi mixed air rifle 10 meter di Philippine Marine Shooting Range Total, Kamis (5/12).

Di final, pasangan Indonesia itu mengalahkan Tararat Morakot/Napis Tortungpanich (Thailand) 17-7. Sebelum Vidya/Fathur, menembak juga meraih emas lewat Fafan Khoirul Anwar yang tampil di nomor mixed benchrest air rifle. Perak jadi milik Ditto Nestor Dinopol (Filipina) dan perunggu diraih Anung Satrio Wibowo dari Indonesia.

Medali emas Vidya/Fathur itu merupakan keempat dari cabor menembak untuk kontingen Indonesia. Tiga emas sebelumnya didapat dari nomor air rifle tunggal putri, mixed benchrest air rifle putra, dan WA 1500 PPC.

Selain menembak, Indonesia juga mendapat tambahan emas dari modern pentathlon melalui Muhammad Taufik (beach laser individual putra) dan Dea Salsabila Putri (beach laser individual putrid) serta pencak silat melalui Suci Wulandari di kelas A tanding putri.

Aiman Cahyadi tak mau ketinggalan dan ikut andil menyumbang medali bagi Merah Putih. Aiman meraih emas nomor ITT (Individual Time Trial) putra dengan waktu 58 menit 37,003 detik untuk menghabiskan lintasan sepanjang 35,4 km.

Di posisi kedua, ada Thanakhan Chaiyasombat (Thailand) yang membutuhkan waktu 59 menit 20,535 detik. Sementara itu, medali perunggu milik wakil Singapura, Huat Goh Choon, dengan waktu 1 jam dan 14,593 detik. (wol/aa/cnn/twt/data2)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL