Mendikbud Jelaskan Contoh Soal Asesmen Pengganti UN

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim. (ANTARA FOTO)

JAKARTA, Waspada.co.id – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim memberikan contoh soal dalam asesmen kompetensi atau ujian pengganti ujian nasional (UN). Asesmen kompetensi dan survei karakter bakal dimulai pada 2021.

Nadiem menyebut nantinya asesmen kompetensi akan berdasarkan numerasi (matematika), literasi (bahasa) dan survei karakter.

“Contoh ada paragraf yang menjelaskan mengenai berbagai macam alasan kenapa climate change itu terjadi. Lalu ada diagram chart yang menjelaskannya. Lalu ada pertanyaan Ini masih pilihan ganda, tetapi beda sifat,” kata Nadiem dalam RDP dengan Komisi X, di Kompleks Parlemen Senayan, Kamis (12/12).

Nadiem menyebut meski nantinya soal asesmen masih ada pilihan ganda, namun berbeda dengan pilihan ganda UN saat ini.

“Untuk bisa menjawab pilihan ganda tersebut, anak itu harus bisa memahami paragraf. Memahami argumen dan juga membaca diagram itu untuk mengerti hal yang dimaksudkan dari visual display diagram itu. Ini dari PISA bapak-bapak ibu-ibu,” jelas Nadiem.

Contoh Soal
Sementara contoh soal matematika, Nadiem mencontohkan bagaimana menganalisis buah apel.

“Contoh Matematika, dia mengukur menggunakan prinsip-prinsip matematika yang tidak rumit sebenarnya, basic, tetapi harus diaplikasikan dalam suatu konteks, di sini adalah tanaman buah apel misalnya yang digambar,” ujarnya.

“Ini masih standar tesnya, Bisa secara komputer, tentunya assismen kita akan melalui komputer,” tambahnya.

Mantan CEO Gojek ini kembali menegaskan, asesmen yang akan diterapkan ini bukan buatan atau karangan Mendikbud sendiri, melainkan melalui berbagai survei.

“Ini sekadar menjelaskan ini bukan buatan-buatan kita sendiri, ini sudah berdasarkan 20 tahun analisa berbagai macam assement di seluruh dunia di mana kita dibantu oleh PISA, World Bank, untuk menciptakan suatu assesment kompentensi yang berkelas dunia. Tentunya harus kita adaptasi menggunakan kearifan lokal konteksnya,” ia menandaskan. (liputan6/ags/data3)