Menanti Penentuan Nasib 16 Tim Elite Eropa

foto: goal

NYON, Waspada.co.id – Fase grup Liga Champions musim ini telah tuntas dan mayoritas klub top Eropa berhasil memastikan tiket tampil di babak 16 Besar. Juara bertahan Liverpool nyaris tersingkir, namun kini bernapas lega dengan keberhasilannya menjaga kans gelar.

Seluruh wakil Inggris, yakni Manchester City, Liverpool, Chelsea, dan Tottenham Hotspur sukses melaju ke fase gugur. Begitu juga Barcelona, Real Madrid, Juventus, dan Bayern Munich yang terbilang raksasa Eropa.

Pun demikian, sejumlah kejutan juga terjadi seperti tersisihnya Inter Milan dan Ajax Amsterdam yang notaben semifinalis musim lalu. Satu kejutan lain adalah hadirnya Atalanta selaku tim debutan di fase knockout.

Sebagaimana dilansir di laman resmi UEFA, agenda undian babak 16 Besar Liga Champions musim ini digelar pada Senin (16/12) mendatang di markas besar UEFA yang bertempat di Nyon, Swiss.

Nantinya, para juara grup diposisikan sebagai unggulan dan mendapat keistimewaan memainkan leg kedua di kandang. Tim juara grup ini akan dipasangkan dengan runner-up grup lain, dengan catatan klub tersebut tidak berasal dari negara yang sama.

Leg pertama 16 Besar bakal dimainkan pada 18, 19, 25, dan 26 Februari 2020 disusul leg kedua pada 10, 11,17, dan 18 Maret 2020. Sementara itu, undian babak 32 Besar Liga Europa juga dilangsungkan pada hari dan tempat sama.

Selain juara dan runner-up dari 12 grup babak penyisihan, 32 Besar Liga Europa diikuti delapan tim peringkat ketiga grup dari Liga Champions, termasuk di antaranya Inter Milan, Benfica, dan Ajax. Leg pertama dan kedua 32 Besar Liga Europa dimainkan pada 14 dan 21 Februari 2020.

Daftar Kontestan 16 Besar Liga Champions:

Grup A: Paris Saint-Germain (Prancis), Real Madrid (Spanyol)

Grup B: Bayern Munich (Jerman), Tottenham Hotspur (Inggris)

Grup C: Manchester City (Inggris), Atalanta (Italia)

Grup D: Juventus (Italia), Atletico Madrid (Spanyol)

Grup E: Liverpool (Inggris), Napoli (Italia)

Grup F: Barcelona (Spanyol), Borussia Dortmund (Jerman)

Grup G: RB Leipzig (Jerman), Olympique Lyon (Prancis)

Grup H: Valencia (Spanyol), Chelsea (Inggris)

(wol/aa/uefa/data3)

editor: AUSTIN TUMENGKOL