_
Home / Sports / Internasional / Memalukan! Pelecehan Rasial Nodai Derby Manchester
foto: twitter

Memalukan! Pelecehan Rasial Nodai Derby Manchester

MANCHESTER, Waspada.co.id – Gelandang Manchester United, Fred, menjadi korban pelecehan rasial dan pelemparan botol saat Derby Manchester di Etihad Stadium, Minggu (8/12). Manchester City pun akan menginvestigasi insiden memalukan tersebut.

Di laga itu, Setan Merah menang atas The Citizens 2-1. Sayang, duel bergengsi dan klasik itu dinodai aksi tidak terpuji yang dilakukan segelintir penonton City. Insiden itu terjadi ketika MU mendapat tendangan pojok di menit 68.

Fred yang ingin mengambil tendangan malah dilempari benda, mulai dari botol minum plastik dan korek api hingga mengenai tubuhnya. Sang pemain sampai memegangi bagian belakang dan bahunya serta memaksa wasit menghentikan pertandingan sementara.

Tidak hanya dilempari botol dan korek api, Fred juga menerima pelecehan rasial dari tribun. Segelintir oknum penonton kedapatan menirukan gestur dan bersuara seperti kera ke arah pemain berusia 26 tahun itu.

“Kita masih berada di masyarakat terbelakang. Sayangnya kejadian ini terjadi di beberapa stadion, itu terjadi di sini dan juga di Ukraina dialami beberapa kawan,” kata Fred.

“Ini sangat menyedihkan, tetapi kami harus tetap menegakkan kepala dan melupakan kejadian itu. Kami tak bisa memberikan perhatian lebih karena itulah yang mereka mau. Saya berbicara kepada wasit seusai pertandingan, mereka bilang akan melakukan sesuatu soal itu,” seru Fred lagi.

City sendiri menyebut akan bekerja sama dengan kepolisian Greater Manchester untuk mencari oknum tersangka peristiwa tersebut. Melalui pernyataan tertulisnya, The Citizens mengutuk keras insiden yang menimpa Fred itu.

“Klub menerapkan kebijakan tanpa toleransi untuk segala bentuk diskriminasi,” begitu isi pernyataan dari City.

Pelatih Man City, Josep Guardiola, juga berharap pelaku ditindak tegas serta berdoa kejadian serupa tidak terulang lagi di masa mendatang. Kendati begitu, Pep mengaku pelecehan tiada hentinya terjadi di seluruh dunia dan seluruh pihak harus berjuang melawannya. (wol/aa/bbc/dm/data3)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Maguire: Saya Tidak Menendang, Tapi Menahan Batsuayi

LONDON, Waspada.co.id – Kapten Manchester United, Harry Maguire, memberikan pembelaan setelah dirinya diklaim menendang selangkangan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.