“Mari Bersama Wujudkan Medan Bersih”

WOL Photo

MEDAN, Waspada.co.id – Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan, Akhyar Nasution, melakukan jalan santai bersama Wakil Konsul Amerika Serikat untuk Sumatera, Jessica Panchata, serta International Organization for Migration (IOM) dan pimpinan OPD dilingkungan Pemko Medan, Jumat (13/12) kemarin.

Selain jalan sehat bersama, kegiatan ini juga akan melakukan penanaman 1.000 bibit pohon di Bantaran Sungai Belawan, Jalan Lingkar Tani, Lingkungan IV, Kelurahan Baru, Ladang Bambu, Kecamatan Medan Tuntungan. Kegiatan ini dilakukan guna menjaga kelestarian lingkungan serta menahan erosi yang berada di bantaran sungai tersebut.

Sepanjang jalan menuju bantaran sungai belawan, Plt Wali Kota bersama pimpinan OPD serta peserta lainnya berjalan santai bersama sambil mengambil sampah yang berada di sepanjang jalan tersebut. Para peserta jalan santai berjalan dimulai dari Kantor Camat Medan Tuntungan menuju Jalan Bunga Melati lalu Jalan Bunga Mayang kemudian Jalan Petunia hingga sampai ke garis finish yakni Jalan Lingkar Tani.

Saat hendak berada di Jalan Petunia, Plt Wali Kota menyempatkan diri mengecek kondisi rabat beton yang tepatnya berada di gang Karunia. Kemudia, Akhyar juga singgah untuk melihat taman selfie yang berada di Kelurahan Namo Gajah Kecamatan Medan Tuntungan tersebut. Selain taman selfie, masyarakat setempat juga memamerkan berbagai kreasi kerajinan tangan yang merupakan hasil pelatihan handy craft dengan menggunakan dana kelurahan.

Sebelum penanaman pohon dilakukan, Akhyar mengatakan adapun tujuan kegiatan penanaman pohon ini antara lain adalah untuk mengurangi polusi udara yang semakin hari semakin buruk, serta menunjukkan kepedulian Pemerintah Kota Medan akan lingkungan yang bersih dan indah. Selain itu, jika sepanjang bantaran sungai makin banyak pohon yang ditanam, hal ini akan membuat potensi resiko banjir dan tanah longsor akan makin berkurang secara signifikan.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Medan tuntungan yang sudah menunjukkan kepedulian terhadap kondisi lingkungan hidup di Kota Medan. Semoga langkah positif ini akan diikuti oleh lebih banyak individu maupun organisasi lainnya, sehingga Kota Medan rumah kita tercinta ini akan makin asri dan makin hijau,” kata Akhyar.

Disamping itu, Akhyar mengungkapkan sungai belawan merupakan salah satu sungai di Kota Medan yang sangat bersih dan indah. Maka dari itu, Akhyar berharap bahwa sungai lainnya yang ada di Kota Medan dapat seperti Sungai Belawan tersebut. “Hari ini kita juga dapat sekaligus menikmati keindahan sungai belawan ini, saya tentunya berharap bahwa sungai-sungai lainnya yang ada di Kota Medan dapat bersih dan bebas dari sampah seperti Sungai Belawan ini,” ujar Akhyar.

Dalam kesempatan itu, Akhyar juga menekankan kepada para peserta jalan santai untuk selalu menjaga lingkungan masing-masing serta bertanggung jawab akan sampah yang mereka hasilkan. Selain itu, Akhyar juga meminta kepada para peserta jalan sehat untuk mewadahi sampah mereka dan tidak sekalipun membuang sampah sekecil apapun ke sungai.

“Medan Rumah Kita, mari kita jaga dan rawat Kota Medan yang kita cintai ini. Ayok Kota Medan kota kita bersama, miliki kita bersama, rumah kita bersama maka dari itu harus kita jaga. Sekecil apapun kontribusi yang kita lakukan salah satunya dengan tidak membuang sampah sembarangan, hal tersebut sudah sangat bermanfaat bagi Kota Medan,” tegas Akhyar.

Sebelumnya Camat Medan Tuntungan Topan O P Ginting, mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan bekerja sama dengan IOM. Selain jalan sehat, kegiatan ini juga diisi dengan penanaman 1.000 pohon di bantaran Sungai Belawan.

“Pada kegiatan hari ini juga IOM berpartisipasi dalam membagikan 1.000 tumbler kepada para peserta jalan santai. Pembagian ini dilakukan untuk mengajak para peserta ataupun masyarakat Kota Medan mengurangi penggunaan botol minum sekali pakai,” sebut Topan.

Selanjutnya, Plt Wali Kota bersama Wakil Konsul Amerika Serikat untuk Sumatera Jessica Panchata serta Kepala Kantor IOM Bagian Barat melakukan penanaman pohon disekitar bantaran Sungai Belawan.(wol/mrz/data2)

Editor: SASTROY BANGUN