Mahfud MD: Nama-nama Dewan Pengawas KPK Akan Buat Kita Bilang ‘Wow’

Menko Polhukam, Mahfud MD (foto: Okezone.com/Reza)

JAKARTA, Waspada.co.id – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD menyambut positif beberapa nama Dewan Pengawas KPK yang bakal ditunjuk Presiden Joko Widodo. Dia yakin pilihan Jokowi adalah nama-nama berkualitas unggul dan dinilai baik oleh publik.

“Bagus, pastilah besok yang diumumkan akan menjadi orang-orang yang oleh masyarakat dianggap tidak punya cacat yang serius. Kalau cacat-cacat kecil sih namanya manusia ada. Pastilah, ditunggu saja besok,” kata Mahfud usai melakukan rapat bersama BPIP di Kantor Wapres, Jalan Merdeka Utara, Kamis (19/12).

Dia menilai para dewan pengawas tersebut masuk dalam kategori khusus. Sehingga, menurutnya, publik akan terkejut melihat pengumuman nama Dewan Pengawas KPK tersebut. “Iyalah, artinya kita akan bilang wow bagus-bagus nih, gitu,” kata Mahfud.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo sudah menyebutkan sejumlah nama yang diusulkan sebagai calon anggota Dewan Pengawas KPK. Beberapa nama yang disebut Jokowi adalah mantan Ketua KPK Taufiequrachman Ruki, hakim Albertina Ho, dan mantan Hakim Agung Artidjo Alkostar.

“Dewan Pengawas KPK ya nama-nama sudah masuk tapi belum difinalkan karena kan hanya 5, ada dari hakim, ada dari jaksa, ada dari mantan KPK, ada dari ekonom, ada dari akademisi, ada dari ahli pidana,” kata Presiden Jokowi dalam diskusi dengan wartawan di Balikpapan, Rabu (18/12) seperti dikutip Antara.

Lima orang anggota Dewas KPK rencananya akan dilantik bersama dengan lima orang komisioner KPK 2019-2023 pada 20 Desember 2019.

“Ada hakim Albertine Ho, itu tapi belum diputuskan loh ya, Pak Artidjo, saya ingat tapi lupa, dan belum diputuskan,” tambah Presiden sambil menambahkan nama Ketua KPK jilid 1 Taufiequrachman Ruki juga diusulkan sebagai calon anggota Dewan Pengawas.

Presiden memastikan bahwa orang-orang yang terpilih sebagai Dewan Pengawas adalah orang-orang yang baik.

“Saya kira itu namanya ya nanti ditunggu sehari saja kok, yang jelas nama-namanya nama yang baik lah, saya memastikan nama yang baik,” tegas Jokowi. (merdeka/ags/data3)