_
Home / Sumut / LSM Perjuangan Keadilan Soroti Dugaan Manipulasi Anggaran DPRD Langkat
WOL Photo

LSM Perjuangan Keadilan Soroti Dugaan Manipulasi Anggaran DPRD Langkat

LANGKAT, Waspada.co.id – DPD LSM Perjuangan Keadilan Sumatera Utara terus menyoroti kasus dugaan manipulasi anggaran APBD untuk Sekretariat DPRD Langkat dari 2016 hingga 2018.

Dalam keterangannya, Ketua DPD LSM Perjuangan Keadilan Sumatera Utara, Agustinus Riza Kaban SE, mengatakan dugaan manipulasi anggaran APBD untuk Sekretariat DPRD Langkat dari 2016 hingga 2018 mencapai Rp115 juta.

“Berdasarkan data temuan dugaan dana fiktif dan manipulasi anggaran itu melanggar UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang pemerintahan daerah dan mengarah ketindak pidana korupsi,” tegasnya.

Dugaan manipulasi anggaran itu, Riza menuturkan diperuntukkan bagi staf ahli yang dianggarkan sejak 2016, 2017 dan 2018 yang berjumlah lebih Rp115 juta dan penggunaannya sudah terealisasi.

Menurutnya, sesuai UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah bahwa DPRD hanya memiliki tenaga ahli yang diperuntukkan membantu kelancaran pelaksanaan tugas fraksi.

“Dalam hal ini DPRD Langkat memiliki tujuh fraksi dengan memiliki tenaga ahli sebanyak tujuh orang yang diperuntukkan membantu kelancaran pelaksanaan tugas alat kelengkapan dewan (Pimpinan DPRD, Komisi dan Badan) dengan jumlah Tim Pakar 10 orang,” ujar Riza.

“Jadi sangat jelas bahwa anggaran yang terdapat pada APBD Kabupaten Langkat sejak Tahun 2016 sampai 2018 yang diperuntukkan bagi staf ahli diduga manipulasi dan fiktif,” sambungnya.

Sementara saat dikonfirmasi Sekwan DPRD Langkat, Basrah Pardomuan, mengenai dugaan manipulasi anggaran DPRD Langkat tahun 2016 hingga 2018 enggan memberikan penjelasan. (wol/lvz/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

KPK Pastikan Pengusutan Kasus Suap Komisioner KPU Transparan

JAKARTA, Waspada.co.id – Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Lili Pintauli Siregar menegaskan akan terus ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.