_
Home / Warta / Politik / Loyalis Bamsoet yang Ikut Pencalonan Ketum Golkar Juga Mundur
Politikus Partai Golkar, Indra Bambang Utoyo (foto: detik)

Loyalis Bamsoet yang Ikut Pencalonan Ketum Golkar Juga Mundur

JAKARTA, Waspada.co.id – Politisi Partai Golkar Indra Bambang Utoyo dan Agun Gunandjar turut mengundurkan diri dari bursa Ketua Umum partai yang akan dipilih pada Munas Golkar.

Keduanya mengikuti langkah koleganya Bambang Soesatyo yang sudah menyatakan diri dahulu untuk mundur dari pencalonan tersebut.

“Saya menyatakan mundur dari pencalonan bakal calon ketua umum pada munas ke-10 yang akan datang,” kata Indra Bambang Utoyo saat menggelar konferensi pers di wilayah Jakarta, Selasa (3/12).

Indra menjelaskan, dirinya mundur mengikuti langkah Bamsoet yang sudah berekonsiliasi dengan pesaingnya, Airlangga Hartarto. Rekonsiliasi itu, kata Indra, dilakukan bagi kepentingan partai agar tidak terpecah.

Hal tersebut juga mengarah pada hasil pemilihan umum (pemilu) yang selalu memperlihatkan kemunduran bagi partai Golkar.

“Tadinya kami berdua (Indra dan Agun) marah, tap kami melihat konsekuensi hal itu kita bisa pecah,” jelas dia.

Senada dengan hal itu, Agun Gunandjar juga memutuskan untuk mengundurkan diri dari pemilihan orang nomor satu dari partai berlogo pohon beringin itu. Ia menjelaskan, alasan dirinya untuk maju sebagai calon ketua umum Partai Golkar adalah agar memiliki suara dalam Munas yang akan digelar.

“Saya bukan pengurus, bukan pimpinan fraksi, cuman anggota yang kebetulan DPR, masuk Munas tidak bisa apa apa. Dengan jadi calon setidaknya saya bisa bicara,” ujar Agun.

Ia ingin mengkritisi kepemimpinan Airlangga beberapa tahun ini yang dinilai tidak demokratis. Namun, setelah melakukan mediasi dengan sejumlah pihak, Ia mengaku telah mendapat jaminan dari Airlangga agar menjadi pemimpin yang lebih demokratis nantinya.

“Saya dapatkan jaminan itu dari Airlangga,” ujar dia.

Sebelumnya, Pernyataan mundur disampaikan Bamsoet usai bertemu dengan Ketua Umum Golkar yang juga calon petahana Airlangga Hartarto, Politikus Senior Golkar Luhut Binsar Pandjaitan dan Aburizal Bakrie di kantor Kemenko Kemaritiman.

Bamsoet sebelumnya telah mendaftarkan diri sebagai calon ketum Golkar bersama delapan orang lainnya. Pertarungan perebutan kursi Golkar-1 rencananya akan dilakukan dalam Munas Golkar yang digelar hari ini.

Selain Bambang Soesatyo, delapan nama calon lainnya yang telah mendaftar yakni, Airlangga Hartanto, Ridwan Hisjam, Ali Yahya, Achmad Annama, Indra Bambang Utoyo, Agun Gunandjar Sudarsa, Derek Lopatty, dan Aris Mandji. Bamsoet disebut sebagai calon kuat bersama Airlangga Hartarto. (cnnindonesia/ags/data3)

Check Also

Bamsoet Disebut Sempat Temui Utusan Presiden Sebelum Mundur Bursa Ketum Golkar

JAKARTA, Waspada.co.id – Loyalis Bambang Soesatyo (Bamsoet), Ahmadi Noor Supit mengatakan Bamsoet sempat menemui utusan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.