Launching Rumoh Gizi Merduati, Ini Tujuannya Menurut Nurmiaty

Launching Rumoh Gizi Merduati

BANDA ACEH, Waspada.co.id – Gampong Merduati, Kecamatan Kuta Raja merupakan awal percontohan bagi Kota Banda Aceh dalam pelaksanaan Rumoh Gizi. Terletak di kompleks kantor keuchik setempat, Rumoh Gizi tersebut sudah beroperasi sejak tiga bulan lalu.

Dan Senin (9/12/2019) pagi tadi, Rumoh Gizi Merduati diresmikan penggunaannya oleh Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Aceh Dyah Erti Idawati. Turut hadir di sana Staf Ahli Wali Kota Banda Aceh Bidang Keistimewaan, Kemasyarakatan dan SDM Rizal Junaedi, dan sejumlah pejabat lainnya.

Ketua TP-PKK Banda Aceh Nurmiaty AR mengatakan, selain memberikan makanan sehat bagi bayi balita yang bergizi kurang dan stunting, di Rumoh Gizi juga diterapkan metode edukasi bagi orang tua. “Di sini kita ada kader posyandu, di tambah pendampingan dari tenaga kesehatan Puskesmas, yang mengajarkan pola asuh dan pola makanan yang sehat kepada masyarakat terutama anak-anak dan orang tua.”

Kemudian, katanya, juga dilaksanakan kelas ibu hamil oleh bidan setempat. “Ibu hamil diberikan edukasi salah satunya tentang bagaimana menjaga gizi dan mengkonsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang. Sehingga pencegahan stunting dapat ditanggulangi sejak dari dalam kandungan,” kata istri Wali Kota Banda Aceh ini.

Pada kesempatan itu pula, ia mengucapkan terimakasih kepada Wakil Ketua TP-PKK Aceh dan Pemerintah Aceh yang telah menggagas lahirnya rumoh gizi gampong. “Sehingga Aceh selangkah di depan dalam mengatasi stunting,” ungkap Nurmiaty.

Tak lupa, ia turut menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada Keuchik, Ketua PKK Gampong Merduati, Kader Posyandu, masyarakat Gampong Merduati, beserta TP-PKK Banda Aceh yang telah bahu-membahu dengan swadaya melahirkan rumoh gizi ini.

“Mari kita jadikan Gampong Merduati sebagai gampong percontohan rumoh gizi di Banda Aceh, sehingga gampong ini dapat memberikan insprasi dan memotivasi bagi gampong-gampong lainnya untuk mau dan melaksanakan rumoh gizi gampong demi kemaslahatan kita bersama,” pungkasnya. (bandaacehkota/ags/data3)