Kapoldasu Imbau Tingkatkan Pengawasan Muatan Kapal di Samosir

WOL Photo

SAMOSIR, Waspada.co.id – Kapolda Sumut, Irjen Pol Martuani Sormin, melakukan kunjungan kerja ke Desa Ambarita, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, sekaligus meninjau kesiapan pengamanan Natal dan Tahun Baru, Sabtu (21/12).

Setibanya di sana, rombongan Kapolda Sumut disambut Bupati Samosir Rapidin Simbolon, didampingi Kapolres Samosir AKBP Muhammad Saleh, dan SKPD Pemkab Samosir.

Dalam kunjungan kerjanya, Kapolda Sumut, Irjen Pol Martuani Sormin, meninjau Pelabuhan Ferry Ambarita. Di sana, orang nomor satu di Polda Sumut itu meminta agar Bupati Samosir dan Kadishub Samosir untuk lebih maksimal untuk melakukan pengawasan terhadap muatan dan jumlah penumpang kapal.

Pengawasan itu dilakukan agar kejadian musibah seperti tenggelamnya Kapal KM Sinar Bangun setahun yang lalu tidak terulang kembali.

Bahkan, ia mengingatkan kepada petugas pos pelayanan untuk melakukan pengawasan secara maksimal terhadap kapal yang akan berangkat dari Pelabuhan Ferry Ambarita menuju Pelabuhan Ajibata.

Usai meninjau Pelabuhan Ferry Ambarita, mantan Asops Kapolri itu melanjutkan peninjauan ke Pelabuhan Tiga Ras di Kabupaten Simalungun dengan menggunakan Kapal Polair Polres Samosir mengecek kesiapan Pos Pengamanan Natal dan Tahun Baru.

Kapolda Sumut, Irjen Pol Martuani Sormin, mengungkapkan kunjungan kerjanya ke Kabupaten Samosir untuk memastikan kondisi Kamtibmas jelang Natal dan Tahun Baru.

“Di Kabupaten Samosir memiliki Pelabuhan Ferry Ambarita. Nah, di sini kita fokus melakukan pengawasan pada setiap kapal agar musibah tenggelamnnya seperti Kapal KM Sinar Bangun setahun yang lalu tidak terulang kembali,” ujarnya didampingi Waka Polda Sumut Brigjen Pol Mardiaz Kusin Dwihananto beserta PJU Polda Sumut.

“Tak hanya itu, kita juga memantau kesiapan dan pengawasan di Pelabuhan Tiga Ras di Kabupaten Simalungun yang sampai saat ini berjalan baik,” sambung Jenderal Bintang Dua tersebut.

Di singgung mengenai pengamanan Natal dan Tahun Baru, Martuani mengaku sudah menggelar rapat dengan seluruh para kapolres untuk membentuk Pos Pengamanan (Pospam).

“Nantinya setiap Pospam akan memantau setiap kondisi Kamtibmas mengantisipasi terjadinya gangguan selama Natal dan Tahun Baru di Sumatera Utara,” pungkasnya.(wol/lvz/data2)

Editor: SASTROY BANGUN