_
Home / Medan / Kantor Wali Kota Medan Pindah, DPRD: Perlu Kajian Matang
Ketua DPRD Medan Hasyim SE dan Wakil Ketua DPRD Medan Rajudin Sagala

Kantor Wali Kota Medan Pindah, DPRD: Perlu Kajian Matang

MEDAN, Waspada.co.id – Wacana pemindahan kantor Wali Kota Medan dari Jalan Kapten Maulana Lubis ke tempat yang dianggap strategis perlu kajian matang. Jika keputusan itu untuk menjaga aset dalam waktu jangka panjang, selaku anggota dewan, pihaknya sangat mendukung. Hal itu dikatakan Wakil Ketua DPRD Medan Rajudin Sagala, Rabu (4/12).

Dikatakan, saat ini banyak aset Pemko Medan yang berada di Daerah Aliran Sungai. Ada kantor Wali Kota Medan, gedung DPRD Medan, dan lainnya. Artinya, Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) melalui jajaran Pemprovsu melakukan kajian intensif terhadap wacana tesebut.

“Harus ada pertimbangan terlebih dahulu sebelum memutuskan bahwa kantor Wali Kota Medan itu harus dipindahkan, mengingat dengan pemindahan itu, maka harus dipikirkan lokasi yang tepat terhadap areal khusus,” ucap politisi PKS ini.

Rajudin juga melihat ada banyak gedung baik milik pemerintah maupun gedung-gedung mewah seperti Cambridge di Jalan Zainul Arifin Medan, “Inilah pertanyaan kita, apakah ini masuk dalam penyelamatan wilayah pinggiran sungai,” imbuhnya.

Mengenai gedung DPRD Kota Medan yang berlokasi tepat di depan kantor Wali Kota Medan, juga perlu mendapat petimbangan. Sebab, dengan usia gedung yang masih sangat baru dengan nilai pembangunan mencapai Rp90 miliar itu akan ikut dipindahkan dengan alasan dekat di bibir sungai.

“Wacana pemindahan itu sangat bagus, kita berharap kajian pendukung harus tetap ada bila memang harus dipindah,” kata Ketua DPRD Medan Hasyim SE ketika ditanyai terpisah.

Menurut politisi PDI Perjuangan ini, dari keinginan besar gubernur untuk memindahkan kantor Wali Kota Medan tersebut juga harus dipikirkan di mana kawasan yang tepat dan bagus berdirinya gedung Pemerintah Kota (Pemko) Medan yang baru.

“Kalau bisa pun terintegrasi dalam satu kawasan, selain kantor Wali Kota, juga ada gedung DPRD Kota Medannya. Jadi ada dalam satu kompleks,” terangnya seraya menyinggung gedung DPRD Provinsi Sumatera Utara yang sama berdekatan dengan DAS Sungai Deli.(wol/mrz/data3)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Sabrina Minta Kabupaten/Kota Siapkan Laporan Lebih Cepat

MEDAN, Waspada.co.id – Seluruh pemerintah kabupaten/kota diminta menyiapkan Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) dan Laporan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.