Jokowi Ingin Dewan Pengawas KPK yang Integritasnya Baik

Presiden Jokowi (Foto: Ist)
agregasi

JAKARTA, Waspada.co.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginginkan orang yang menjadi Dewan Pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) adalah orang memiliki integritas baik. Mereka yang dipilih harus orang-orang yang mempunyai rekam jejak yang baik karena untuk mengawasi KPK.

“Yang jelas kita ingin memilih yang tentu saja memiliki track record yang baik, integritas yang baik,” kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Senin (2/12/2019).

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga menginginkan agar Dewas KPK diisi orang-orang yang berpengalaman di bidang hukum, audit pemeriksaan keuangan, hingga orang-orang yang berkompeten dalam mengelola keuangan.

Sejauh ini, kata Jokowi, masih pada tahap proses penyaringan di tim internal Sekretariat Negara (Setneg). Hingga saat ini, belum ada proses finalisasi dengan memutuskan lima nama sebagai Dewas KPK.

“Ya nanti dilihat figur-figurnya. Kita kan ini masih dalam proses penyaringan oleh tim internal di Setneg, jadi belum ada proses finalisasi,” katanya.

Kepala Negara mengungkapkan selama ini banyak dari masyarakat yang telah memberikan masukan kepada pemerintah soal Dewas lembaga antirasuah.

Ia menambahkan, pemerintah akan menunjuk Dewas KPK sebelum pelantikan para komisioner KPK pada 20 Desember 2019 mendatang. “Ini masih proses berjalan. kita masih, masih tanggal 20-an kan,” ujarnya.