_
Home / Warta / Indonesia Hari Ini / Istana: Polri Akan Tindak Tegas Pelaku Sweeping saat Nataru
Seskab Pramono Anung (Foto: Okezone)

Istana: Polri Akan Tindak Tegas Pelaku Sweeping saat Nataru

agregasi

JAKARTA, Waspada.co.id – Kapolri Jenderal Pol Idham Azis menegaskan, akan bertindak tegas bila ada pihak yang menggelar sweeping atau aksi penolakan lantaran umat Kristiani menggelar peribadatan saat Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2020. Hal itu telah dilaporkan Kapolri kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi), sebagaimana disampaikan Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung.

“Kapolri telah laporkan kepada Presiden, pada prinsipnya Polri siap mengamankan termasuk hal-hal yang berkaitan dengan ancaman-ancaman yang ada. Termasuk kalau ada sweeping atau aksi tolak peribadatan, dan lain-lain, konflik SARA dan tawuran. Dalam hal ini, Polri akan ambil tindakan tegas,” kata Pramono Anung di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (13/12/2019).

Menurut dia, Jokowi telah berpesan agar Polri bisa memastikan tidak ada lagi aksi-aksi penolakan terhadap umat Kristiani yang akan menggelar ibadah Natal dan Tahun Baru.

“Di samping itu, Kapolri melaporkan bahwa operasi lilin sudah berjalan 19 Desember dan akan berakhir sampai pada 2 januari 2020. Yang melibatkan 161 ribu personel, baik TNI-Polri, Satpol PP, Dishub dan Dinkes. Sehingga menyambut Nataru baik Poolri dan jajaran lain telah siap,” ujarnya.

Pramono menerangkan, Pertamina juga menjamin ketersediaan bahan bakar minyak (BBM) selama Natal dan Tahun Baru. Menurut dia, Pertamina juga akan aktif memasok BBM bila terjadi kelangkaan.

“Dan apabila ada kemacetan seperti 3 tahun lalu, Pertamina akan aktif mengirimkan BBM yang dikelola,” tuturnya.

Pramono melanjutkan, PLN juga memastikan tak ada pemadaman saat berlangsungnya Nataru. “Dan dijamin seluruh pembangkit beroperasi dan tidak ada black out seperti yang lalu,” imbuh dia.

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu juga menuturkan bahwa laporan Kementerian Perdagangan menyatakan tak ada lonjakan kenaikan harga bahan pokok makanan selama Nataru.

“Sampai hari ini secara umum inflasi 2,7 persen masih dalam target yang direncanakan. Inflasi sampai tanggal ini masih terjaga termausk inflasi bahan makanan 3,47 persen. Sehingga secara menyeluruh, hal yang berkaitan dengan menyambut nataru dari sisi keamanan dan transportasi dan ketersediaan bahan pokok, BBM, listrik, akan berjalan baik apalagi yang telah dioperasikannya Japek Elevated akan kurangi kemacetan,” katanya.

Check Also

Menko Polhukam Bersama Kompolnas Bahas Penambahan 5 Polres di Papua

JAKARTA, Waspada.co.id – Jajaran anggota Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) menemui Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.