_
Home / Sumut / Gubsu Minta Tidak Ada IMB di Lahan Pertanian
foto: Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu

Gubsu Minta Tidak Ada IMB di Lahan Pertanian

SIMALUNGUN, Waspada.co.id – Pemerintah Kabupaten/Kota diharapkan bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) dalam upaya membangun desa menata kota, menuju Sumut yang agraris dan bermartabat. Antara lain melestarikan lahan pertanian dan tidak memberikan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) di lahan tersebut.

Hal itu disampaikan Gubernur Sumut (Gubsu) Edy Rahmayadi pada Gerakan Panen Padi di Nagori (Desa) Maligas Bayu dan Nagori Mancuk, Kecamatan Hutabayu Raja, Kabupaten Simalungun, Senin (9/12). Menurut Gubernur, kebutuhan bahan pangan, khususnya beras, terus meningkat seiring bertambahnya jumlah penduduk. Di sisi lain, luas lahan pertanian terus berkurang.

Karena itu, Pemerintah Kabupaten/Kota diminta kerja samanya untuk tidak memberikan IMB kepada siapapun yang ingin mendirikan bangunan di atas lahan pertanian. Karena, biasanya, kalau jalannya sudah bagus, orang akan berlomba mendirikan bangunan di daerah tersebut. ” Saya minta Pak Bupati (Simalungun) agar jangan dikasih IMB. Habis nanti lahan kita,” tegas Gubernur didampingi Ketua TP PKK Sumut Nawal Edy Rahmayadi.

Gubernur juga menyampaikan pertanian atau tanaman pangan sejatinya menjadi andalan Provinsi Sumut yang begitu subur tanahnya. Karena itu, dirinya memberikan perhatian lebih kepada masyarakat yang berkecimpung di sektor ini.

Diakui Gubsu, undangan menanam atau memanen di lahan pertanian rakyat lebih disenanginya. Sebab dari sektor pertanian, Sumut harus bisa maju dan semakin bermartabat di masa mendatang. Untuk itu pula, dirinya meminta ada pembagian bibit padi kepada petani di sana.

“Nanti saya minta di tanam serentak. Dihitung dulu berapa yang harus ditanam. Nanti saya datang ke sini lagi,” kata Edy didampingi Kadis Tanaman Pangan dan Hortikultura Dahler Lubis yang menyebutkan tanam serentak direncanakan Januari 2020.

Bupati Simalungun JR Saragih mengapresiasi kehadiran Gubernur ke tempat atau nagori yang lokasinya cukup jauh dari jalan umum. Apalagi memberikan perhatian lebih untuk para petani khususnya di Simalungun. (wol/aa/data3)

editor AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Edy Ajak Warga Jaga Keindahan Aek Sijorni

Aek Sijorni, Waspada.co.id – Keindahan dan keasrian destinasi wisata Aek Sijorni membuat Gubernur Sumatera Utara ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.