_
Home / Warta / Ekonomi dan Bisnis / Erick Thohir Penasaran Bisnis 142 Anak Usaha Pertamina
Menteri BUMN Erick Thohir (Foto: Okezone.com)

Erick Thohir Penasaran Bisnis 142 Anak Usaha Pertamina

JAKARTA, Waspada.co.id – Menteri BUMN Erick Thohir meminta manajemen PT Pertamina (Persero) untuk memetakan 142 anak dan cucu usahanya. Hal ini dilakukan agar anak dan cucu usaha perusahaan minyak pelat merah ini tidak dimanfaatkan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

“Saya minta mapping 142 perusahaan ini usahanya apa, bagaimana kesehatan usahanya. Saya tidak mau kalau 142 perusahaan ini hanya oknum-oknum yang akhirnya menggerogoti Pertamina,” ujar Erick di Jakarta, Jumat (13/12).

Erick menyampaikan instruksinya saat menghadiri rapat bulanan dengan Pertamina pekan ini.

Menurut Erick, pendirian anak dan cucu usaha harus dilatarbelakangi oleh alasan jelas. Jika tidak diperlukan, bukan tidak mungkin anak usaha akan ditutup.

“Kami sedang tunggu Peraturan Pemerintah (PP) dari Presiden,” jelasnya.

Selain pemetaan anak dan cucu usaha, Erick juga memerintahkan Pertamina untuk menekan impor minyak dan gas (migas) sesuai target. Salah satunya melalui program pencampuran biodiesel pada minyak Solar sebesar 30 persen (B3O) yang dilakukan tahun depan.

Selain itu, nilai impor juga bisa ditekan dengan membeli langsung dari produsen.

“Kemarin tender di Pertamina dan minyak mentah dari AS harganya lebih mudah US$5-6 (per barel) dan ada hemat,” jelasnya.

Tak hanya itu, Erick juga mengingatkan perseroan terkait persiapan 10 tujuan wisata prioritas. Beberapa di antaranya Kawasan Wisata Danau Toba dan Labuan Bajo.

“Kalau mau jadi kota tujuan wisata kan pasokan minyak harus aman dan listriknya juga. Kalau khusus Pertamina saya minta laporan di Januari bagaimana hasil dari Labuan Bajo,” ungkapnya. (cnnindonesia/ags/data2)

Check Also

Pimpinan DPR Tegaskan Panja & Pansus Jiwasraya Tak Bisa Jalan Beriringan

JAKARTA, Waspada.co.id – Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin mengatakan, apabila berdasarkan mekanisme yang ada, Panitia ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.