Edy Usulkan Tambahan Proyek Strategis Nasional di Sumut

foto: Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu
Iklan

JAKARTA, Waspada.co.id – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Edy Rahmayadi, bertemu Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto di Jakarta, Jumat (13/12).

Pada kesempatan itu, Gubernur menyampaikan kepada Menko Perekonomian tentang usulan tambahan proyek strategis di Sumut. Sejumlah proyek diusulkan Gubsu agar masuk dalam daftar Proyek Strategis Nasional (PSN) di Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN).

Tambahan proyek yang diusulkan tersebut, yaitu pembangunan Sport Center, taman keanekaragaman hayati (botanical garden), LRT dan BRT, jalan tol dalam Kota Medan, RS Haji bertaraf internasional, TPA Sampah, Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM), pembangunan jalur kereta api Pematangsiantar-Parapat mendukung kawasan strategis pariwisata nasional Danau Toba, dan pembangunan Rusunawa terintegrasi bagi pekerja di KEK Sei Mangkei.

Selanjutnya, pembangunan pembangkit listrik di kawasan industri Kuala Tanjung, pembangunan waduk bendungan untuk penyediaan air mendukung kawasan industri Kuala Tanjung dan KEK Sei Mangkei, pelebaran jalan nasional dari Simpang Limapuluh (Batubara) ke KEK Sei Mangkei serta pembangunan jalan layang ruas Medan-Berastagi.

“Kita harapkan proyek-proyek ini masuk ke dalam daftar Proyek Strategis Nasional untuk kemajuan Sumatera Utara yang bermartabat,” kata Gubsu.

iklan

Selain itu, kata Gubernur, juga dilakukan diskusi dengan Menko Perekonomian mengenai program dan peningkatan ekonomi dan investasi di Sumut. Disebutkan, Gubsu mendiskusikan program-program peningkatan ekonomi dan investasi di Sumut.

Dalam pertemuan tersebut, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menyambut baik usulan Gubsu dan akan dilakukan pembahasan lebih lanjut. Menko meminta semua proyek tersebut segera disiapkan master plan, Detail Engineering Design (DED) serta pengadaan lahannya. (wol/aa/data3)

editor AUSTIN TUMENGKOL

Iklan