_
Home / Sumut / Edy Jenguk Bocah Penderita Tumor asal Asahan
foto: Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu

Edy Jenguk Bocah Penderita Tumor asal Asahan

MEDAN, Waspada.co.id – M Alwi Afrianto (5 tahun), bocal asal Asahan didiagnosis mengidap Tumor Wilms, yakni sejenis tumor ginjal yang menyebabkan pembengkakan pada perut secara tidak wajar.

Mendengar kabar Alwi, Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi menyempatkan diri untuk menjenguknya di RSUP Adam Malik Medan, Jumat (27/12) lalu. Saat itu, Alwi akan CT-Scan untuk mendapat gambaran detail mengenai kondisi organ tubuh serta mendeteksi penyebaran sel tumor.

Sebelum scan, Edy menyapa Alwi terlebih dahulu sembari mengelus kepalanya dengan lembut. Alwi tampak malu-malu membalas kembali sapaan Gubernur.

“Nggak takut kan? Harus berani biar cepat sembuh kamu,” ujar Edy didampingi Kadis Kesehatan Provinsi Sumut Alwi Mujahit dan Direktur Umum dan Operasional Adam Malik Mardianto.

Edy pun meminta pengobatan Alwi dipantau dan dirawat secara intensif. Setelah itu, Gubsu menyapa orang tua Alwi, Irma Suryani (25) dan Suryanto (29). Pasangan ini tinggal di Dusun I Jalan Denai, Kelurahan Bagan Asahan, Kecamatan Tanjungbalai, Kabupaten Asahan.

“Tetap semangat ya Bapak dan Ibu. Jangan lupa berdoa untuk anak kita,” kata Edy, sembari memberikan tali asih.

Keduanya menyampaikan ucapan terima kasih atas perhatian dan kepedulian Gubernur atas kondisi Alwi. “Terima kasih banyak atas kepedulian Bapak, tolong dibantu Pak anak kami ini,” ucap Suryanto yang merupakan seorang nelayan.

Mardianto menjelaskan Alwi akan menjalani serangkaian proses lainnya untuk mengetahui tindakan lebih lanjut. Termasuk CT Scan dan akan dilakukan Operasi Biopsi yakni pengambilan sampel jaringan tumor untuk melalui proses analisis dan evaluasi di laboratorium.

“Dari sana nanti baru diketahui jenis sel tumor dan sifat keganasannya. Begitupula, stadiumnya dan lain sebagainya. Selanjutnya, baru kita bisa putuskan tindakan. Bisa operasi, kemoterapi atau terapi radiasi,” jelas Mardianto.

Kadis Kesehatan menyampaikan bahwa Pemprovsu khususnya Dinas Kesehatan senantiasa terus berkoordinasi dengan pihak rumah sakit untuk memantau Alwi dan pasien lainnya yang sakit parah maupun masyarakat kurang mampu.

“Karena memang hal ini yang selalu ditekankan Bapak Gubernur bahwa pelayanan kesehatan harus menjadi prioritas, khususnya bagi masyarakat kurang mampu. Apalagi anak-anak, beliau sangat concern itu,” tutupnya. (wol/aa/data3)

editor AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Puskesmas Harus Jadi Leader Pelayanan Kesehatan Masyarakat

MEDAN, Waspada.co.id – Puskesmas sebagai fasilitas kesehatan tingkat pertama bisa jadi leader kesehatan masyarakat. Maka ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.