_
Home / Medan / “Dukung Gerakan Minat Baca, Awasi Penggunaan Gadget Berlebihan”
Anggota DPRD Medan, Surianto SH. (WOL Photo/M. Rizki)

“Dukung Gerakan Minat Baca, Awasi Penggunaan Gadget Berlebihan”

MEDAN, Waspada.co.id – Anggota Komisi II DPRD Medan Surianto SH, mengapresiasi acara Pembinaan dan Pengembangan Minat Baca yang digelar Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Medan di Aula SMP Negeri 1 Medan Jalan Bunga Asoka, Selasa (3/12) kemarin.

Pasalnya kemajuan teknologi saat ini, membuat anak-anak lebih memilih bermain gadget dari pada membaca buku-buku ilmu pengetahuan.

“Ini era digitalisasi, anak-anak mudah mendapatkan teknologi yang mereka inginkan seperti handphone (hp) android dan lain sebagainya. Apalagi sekarang, game online bertabur. Semua bisa dioperasikan melalui hp android. Jadi minat baca anak-anak kita semakain berkurang. Adanya kegiatan itu (Pembinaan dan Pengembangan Minat Baca) diharapkan menumbuhkan minat baca anak-anak kita,” ungkapnya, Jumat (6/12).

Pada prinsipnya, sebut pria yang akrab disapa Butong ini, dirinya mendukung revolusi industri 4.0. Tetapi tidak pula melupakan atau meninggalkan buku-buku yang mengandung banyak ilmu pengetahuan di dalamnya.

“Sekarang kan banyak buku-buku yang dikonversi dari kertas ke digital. Jadi Pemko Medan melalui dinas terkait seperti Dinas Pendidikan Medan dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Medan tingga menggalakkan sosialisasi atau mengimbau jajarannya untuk meningkatkan minat baca anak didik kita,” imbuhnya.

Politisi Gerindra ini menambahkan, tidak hanya guru maupun Dinas Pendidikan Medan punya tanggung jawab meningkatkan minat baca anak-anak, orang tua juga punya peran yang sama.

“Jangan anak-anak kita itu dimanjakan dengan memberikan gadget yang berlebihan. Karena dia akan melupakan kewajibannya untuk belajar,” saran ketua Fraksi Gerindra DPRD Medan ini.

Pada berita sebelumnya, Plt Wali Kota Medan Akhyar Nasution diwakili Asisten Pemerintahan dan Sosial (Aspem) Setda Kota Medan Musaddad Nasution ketika membuka Acara Pembinaan dan Pengembangan Minat Baca berharap gerakan minta baca ini dapat menumbuhkembangkan minat baca siswa dan menularkannya ke siswa lainnya.

“Saya berharap suatu saat nanti Indonesia akan terbebas sepenuhnya dari buta huruf, sehingga tingkat literasi kita pun akan meningkat secara signifikan. Dengan peningkatan literasi, maka prestasi dunia pendidikan di tanah air Insya Allah akan semakin gemilang,” harap Plt Wali Kota Medan. (wol/mrz/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Revisi RTRW 2031, Partai Gerindra Kritik Habis Pemko Medan

MEDAN, Waspada.co.id – Fraksi Partai Gerindra DPRD Medan menilai bahwa, tata ruang Kota Medan berantakan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.