Digadang-gadang Jadi Dewas KPK, Yusril: Saya Tidak Berminat

Yusril Ihza Mahendra (Okezone)
agregasi

JAKARTA – Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra menegaskan, jika dirinya sama sekali tidak berminat menjadi anggota Dewan Pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dia memilih tetap menjadi pengacara profesional ketimbang Dewas KPK.

“Saya sendiri dengan segala permohonan maaf, sama sekali tidak berminat dan tidak bersedia menduduki jabatan sebagai Dewas KPK tersebut,” kata Yusril kepada wartawan, Senin (16/12/2019).

“Saya lebih memilih tetap menjadi advokat professional yang oleh UU Advokat dikategorikan sebagai penegak hukum daripada menjadi Dewas KPK,” sambungnya.

Yusril menekanan jika sampai saat ini belum ada pihak resmi yang menghubunginya agar menjadi Dewas KPK. “Saya ingin menegaskan bahwa sampai saat ini tidak ada pihak resmi yang menghubungi saya untuk menjadi Dewas KPK,” tuturnya.

Sebelumnya diberitakan, Yusril sempat dikabarkan menjadi salah satu kandidat anggota Dewas KPK. Namun, Yusril menampik kabar tersebut.

“Karena itu, saya menganggap bahwa disebut-sebutnya nama saya sebagai salah satu calon Dewas KPK hanyalah kabar burung belaka,” ujar Yusril.

Perlu diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengatakan penunjukan lima orang anggota Dewas KPK sudah final. Meski demikian, Kepala Negara belum mau mengumumkan siapa kelima orang yang akan mengawasi kinerja lembaga antirasuah.

“Sudah (final), tapi belum (diumumkan),” kata Jokowi.