Dies Natalis UMI ke-51 Digelar Meriah

WOL Photo

MEDAN, Waspada.co.id – Mulai dari kegiatan sidang senat terbuka, seminar ilmiah, workshop, bakti sosial, fun walk, pentas seni, perlombaan, bazar hingga Family Gathering diselenggarakan dalam rangka merayakan Dies Natalis Fakultas Kedokteran Universitas Methodist Indonesia (FK-UMI) ke-51 yang dilaksanakan mulai Jumat (13/12), di Hotel Danau Toba Medan hingga Sabtu (14/12) di kampus II FK-UMI Medan.

Ketua Panitia Dies Natalis FK-UMI dr Harry Butar-butar SpB dalam laporannya menyebutkan, Dies Natalis FK-UMI ke-51 merupakan suatu rangkaian agenda kegiatan dalam rangka memperingati berdirinya FK-UMI pada Oktober 1968. Pada peringatan kali ini mengusung Tema “FK-UMI Profesional dan Mandiri Dalam Penanggulangan Infeksi di Sumut”.

“Tema tersebut menandakan bahwa segenap civitas akademika FK-UMI giat berperan dalam menghadapi kasus-kasus infeksi khususnya melalui bidang pendidikan,” katanya.

Dalam kegiatan seminar dan workshop menghadirkan;
1. Benjamin SP Simanjuntak – Deputi Litbang BPJS Pusat “Ada apa dengan BPJS” (BPJS: Dulu, Sekarang & Nanti).
2. DR dr Umar Zein DTM&H SpPD KPTI “Apa Kabar HIV-AIDS Zaman Now?”
3. Dr Restuti Hidayani Saragih, SpPD “Difteri: Kenali – Pahami – Tanggulangi!”
4. Dr Wijaya Taufik TIji M.Ked (KJ) SpKJ FIAS “Management of Erectile Dysfunction”.

Sementara, dalam laporan tahunan yang disampaikan Dekan FK-UMI, dr Eka Samuel P Hutasoit SpOG MM pada sidang senat terbuka menyebutkan FK-UMI terus mengalami perubahan ke arah yang membanggakan seiring dengan perubahan Universitas Methodist Indonesia.

“Dari hasil pencapaian FK UMI itu merupakan suatu kemajuan yang berkelanjutan dari kepemimpinan para Dekan sebelumnya yaitu sejak FK UMI berdiri tahun 1968 sampai saat ini dan hal ini perlu dikembangkan lebih lanjut ke depan agar FK-UMI menjadi FK dengan mutu yang berkelas dunia,” katanya.

Ke depan, sesuai Renstra FK-UMI pada 2021 diharapkan FK-UMI dapat memperoleh akreditasi dan rekognisinasional sebagai program studi untuk penyelenggaraan akademik yang bermutu. Kemudian, berhasil membuat sistem tatakelola organisasi tridharma sebagai fondasi bagi kepemimpinan berikutnya, yang akan mendukung pencapaian FK-UMI dalam segala aspek.

“Hal yang pasti adalah bahwa semangat kebersamaan harus menjadi inspirasi untuk membangun kesadaran kolektif kita untuk meningkatkan kualitas dan daya saing lulusan dan produk FK UMI dalam percaturan global,” pungkasnya.

Rektor UMI Drs Humuntal Rumapea M.Kom menyampaikan ucapan selamat kepada FK-UMI yang telah berusia 51 tahun. “Fakultas Kedokteran sendiri selama beberapa tahun belakangan sudah memiliki pencapaian yang sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari capaian akreditasi B FK UMI,” tutupnya.

Turut hadir dalam perayaan Dies Natalis tersebut, Sekretaris Universitas USU Dr dr Farhat M.Ked (ORL-HNS) Sp THT KL K, Ketua IDI Sumut dr Edy Ardiansyah SpOG(K), Ketua Harian Ikatan Alumni FK-UMI, dr Jasura Pinem, para dekan dan wakil dekan di lingkungan UMI, dosen, pegawai, Pengurus Harian Yayasan Pendidikan GMI Wilayah I, para guru besar FK-UMI, mitra UMI, stakeholder dan para mahasiswa UMI.

Peringatan Dies Natalis FK-UMI ke-51 itu juga ditandai dengan pemberian penghargaan penghargaan kepada dosen yang telah mengadi selama 30 tahun yakni, Prof dr Pengarapen Tarigan SpPD-KGEH FINASIM, Prof dr AA Depary DTM&H SpParK, Prof dr David H Simanjuntak DAKM, Prof dr Rudolf Somuntul Parhusip SpP(K).

Kemudian Prof Dr dr Thomson P Nadapdap MS(EPid) FISPH FISCM, dr Wilson Riau DTM&H, dr Rachmat Atmawidjaja MSc AIFM AIFO-K, dr Tengku Kamajaya MSc SpAnd, dr Adelina Hasibuan SpM, dr Siti Elsina Lubis SpKK(K), dr Maartdiana Ibrahim SpTHT-KL, dr Herlina Hutajulu SpFK, Dra Siti Nurbaya Apt M.Si, Drs Afni Apt serta Douglas Napitupulu SH MH.(wol/mrz/data3)

Editor: SASTROY BANGUN