_
Home / Sumut / Bulog Sumut Stok 51.000 Ton Beras Untuk Natal dan Tahun Baru 2020
WOL Photo

Bulog Sumut Stok 51.000 Ton Beras Untuk Natal dan Tahun Baru 2020

MEDAN, Waspada.co.id – Penuhi kebutuhan Natal dan Tahun Baru 2020, Perum Bulog Divre Sumatera Utara pastikan ketersediaan beras di gudang Bulog Sumut sekitar 51.000 ton.

Disampaikan Pimpinan Wilayah Bulog Divre Sumut, Arwakhudin Widiarso, salah satu tugas Bulog adalah menstabilkan harga beras di pasar.

“Di mana posisi harga beras jelang Natal dan Tahun Baru 2020 cenderung masih normal dan didukung oleh stok yang berlimpah. Stok beras di gudang Bulog ada sekitar 51 ribu ton. Ini terdiri dari Cadangan Beras Pemerintah (CBP) dan beras komersial,” terangnya, Rabu (18/12).

Dari setok beras 51 ribu ton terdiri dari beras komersial sekitar 50 ribu ton dengan harga mengikuti Harga Eceran Tertinggi (HET) atau mekanisme pasar. Dan 1.000 merupakan cadangan beras pemerintah yang harganya ditentukan oleh pemerintah Rp8.600 yang diambil di gudang Bulog Sumut.

“Untuk beras komersial, berasal dari penggilingan padi di area Sumut. Sementara Cadangan Beras Pemerintah, ada beras lokal dari Jawa Barat dan Jawa Tengah serta beras impor berasal dari Vietnam, Thailand, dan India,” ucapnya.

“Stok 51 ribu ton beras ini bisa bertahan hingga panen ke depan atau sekitar bulan Maret-April. Karena Bulog itu tidak memenuhi semua kebutuhan beras masyarakat, Bulog hanya menyalurkan 5-10 ribu ton per bulan,” ujarnya.

“Komoditas lainnya yang disediakan Bulog adalah daging kerbau beku sebanyak 51 ton. Harga pengambilan di gudang Bulog Rp72 ribu per kilogram (agen Bulog) dengan harapan harga di pasaran sekitar Rp80 ribu per kg,”ucapnya.

“Selain itu, Bulog juga menyediakan tepung terigu premium sebanyak 8 ton, 28 ribu liter minyak goreng dan gula pasir 7 ton. Dengan adanya pasokan beras dan komoditas lainnya maka diharapkan bisa menjadi alternatif jika terjadi gejolak harga di pasar,” tandasnya.(wol/eko/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Kebijakan Elpiji Naik Berdampak ke Pengendalian Inflasi

MEDAN, Waspada.co.id – Kebijakan kenaikan harga elpiji yang wacananya digulirkan oleh pemerintah akan membuat sejumlah ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.