_
Home / Ragam / Kesehatan / BPJS-TK Adakan Pelatihan Program Vokasi Indonesia
Foto: Istimewa

BPJS-TK Adakan Pelatihan Program Vokasi Indonesia

MEDAN, Waspada.co.id – BPJS Ketenagakerjaan Medan Kota bekerjasama dengan Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Ernala mengadakan pelatihan Program Vokasi Indonesia.

Acara yang digelar di gedung LPK Ernala tersebut bertujuan untuk melatih para pekerja yang pernah di PHK agar memiliki keterampilan. Adapun pelatihan yang di berikan ialah Design Grafis & Digital Mareketing.

Pelatihan batch 1 di LPK Ernala ini diikuti oleh 14 orang peserta. Untuk tahapan pertama ini dibuka langsung oleh Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Medan Kota Syahrial. Pelatihan dilakukan selama 15 hari di gedung LPK Ernala.

Kepala Kantor BPJS Ketanagakerjaan Medan Kota, Syahrial menuturkan
Pelatihan Program Vokasi Kerja adalah program pemerintah yang bertujuan memberikan pelatihan-pelatihan kepada peserta yang sudah mengalami pemutusan kerja atau berhenti kerja, Akan tetapi mereka masih layak mendapatkan pekerjaan kembali.

“Melalui program Vokasi Indonesia, diharapkan mereka dapat mengupgrade skill yang mereka miliki dan kemudian dapat bersaing kembali mendapatkan pekerjaan, saat ini persaingan untuk mendapatkan pekerjaan sangat ketat. Dengan adanya pelatihan program vokasi Indonesia, diharapkan dapat membantu generasi muda yang masih produktif untuk bisa terus berkarya,” tuturnya, Minggu (1/12).

Berharap dengan adanya pelatihan ini, para peserta bisa menyerap materi yang berikan dan nantinya akan menambah keterampilan para peserta, karena dengan bertambahnya keterampilan peserta akan mampu bersaing didunia kerja.

Ditambahkan Kabid Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan Medan Kota, Annati
ada beberapa syarat untuk menjadi peserta pelatihan program vokasi Indonesia. Peserta harus sudah pernah menjadi peserta BPJS ketenagakerjaan saat mereka bekerja (sebelum berhenti bekerja selama lebih kurang 1 tahun).

“Masih dalam usia produktif dan bersedia mengikuti pelatihan secara bersungguh-sungguh sampai selesai” tambah Annati.

Selain membuka pelatihan Design grafis dan digital marketing, kami juga membuka pelatihan Teknisi sepeda motor dan pelatihan menjahit tata busan bagi para peserta vokasi.

Sementara itu, Kepala Lembaga Pelatihan Kerja, Rusti Perangin-angin. menambahkan untuk meningkatkan keterampilan yang siap bersaing, maka pihaknya akan melatih sekaligus mensertifikasi para peserta.

“Selain kita beri pelatihan, kita juga akan langsung memberikan sertifikasi dari Badan Nasional sertifikasi profesi melalui lembaga sertifikasi profesi,” tandasnya. (wol/rls/data3)

Check Also

Mahasiswa Poltekpar Unjuk Kreativitas Melalui Exhibition

Waspada.co.id – Mahasiswa pariwisata dan perhotelan identik dengan jalan-jalan, masak bikin kue dan membersihkan kamar. ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.