_
Home / Medan / BNNP Sumut Sita Ganja 145 Kg, Ekstasi 6.230 Butir, dan Sabu 36 Kg Sepanjang 2019
WOL Photo

BNNP Sumut Sita Ganja 145 Kg, Ekstasi 6.230 Butir, dan Sabu 36 Kg Sepanjang 2019

MEDAN, Waspada.co.id – Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Sumatera Utara melaksanakan rilis akhir tahun hasil tangkapan selama 2019.

Dari data yang diperoleh Waspada Online, Jumat (20/12), selama 2019 Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Sumatera Utara telah mengungkap kasus narkotika sejumlah 71 kasus dengan jumlah tindak pidana narkotika P-21 sejumlah 85 berkas dengan jumlah tersangka sebanyak 106 orang.

Sedangkan untuk barang bukti narkotika yang berhasil disita ganja seberat 145.342,6 gram, ekstasi sebanyak 6.230 butir, sabu seberat 36.973,75 gram, dan happy five sebanyak 330 butir.

Selain itu, BNNP Sumut juga telah melakukan pemusnahan lahan ganja di empat lokasi di wilayah Pegunungan Tor Sihite di Desa Banjar Lancat, Kecamatan Panyabungan Timur, Kabupaten Mandailing Natal dengan total luas 10,5 hektar dengan perkiraan sebanyak 105.000 batang ganja.

Tidak hanya mengungkap kasus peredaran dan pemusnahan narkoba, BNNP Sumut juga berhasil menyidik Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) sebanyak tiga kasus yang telah P-21 dengan jumlah aset disita berupa uang tunai sebesar Rp958.834.220, kendaraan roda 4 sebanyak 2 unit, rumah sebanyak 3 unit dan apartemen sebanyak 1 unit.

Bahkan, untuk menekan tingginya penyalahgunaan narkotika BNNP Sumut telah melakukan rehabilitasi sebanyak 1.240 orang positif mengonsumsi narkoba.

Kepala BNNP Sumut, Brigjen Pol Atrial, menyebutkan pengungkapan selama 2019 mengalami penurunan dibandingkan 2018. Menurutnya, pada pelaku tindak pidana telah banyak memantau setiap kegiatan penindakan.

“Walaupun begitu kita tetap bekerja keras mengungkap setiap tindak peredaran narkoba,” sebutnya.

Atrial menambahkan, untuk dapat menciptakan Sumatera Utara yang bersih dari penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba berbagai upaya juga telah dilakukan dalam mengatasi permasalahan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba.

“Upaya tersebut dilakukan melalui sisi permintaan ditekan dengan menciptakan kesadaran dan ketahanan diri masyarakat untuk tidak menyalahgunakan narkoba dan bagi yang telah menyalahgunakan narkoba diberikan layanan rehabilitasi dari ketergantungan narkoba. Sisi penawaran ditekan dengan pengungkapan kasus tindak pidana narkotika serta pemutusan jaringan peredaran gelap narkotika,” pungkasnya.(wol/lvz/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

BNNP Sumut Tangkap Pemilik 28 Kg Sabu dari Truk Tangki

BINJAI, Waspada.co.id – Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Sumatera Utara mengungkap peredaran narkoba jenis sabu ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.