Airlangga Didorong Nyapres, Akbar Tanjung: Terlalu Dini

Akbar Tanjung (Foto: Okezone)
agregasi

JAKARTA, Waspada.co.id – Politikus senior Partai Golkar Akbar Tanjung mengatakan, forum Musyawarah Nasional (Munas) X sebaiknya fokus memikirkan strategi untuk menaikkan perolehan suara partai ketimbang berbicara Pilpres 2024.

“Terlalu dini kita bicara soal capres, kita harus fokus menaikkan perolehan suara kita. Muaranya 2024, jadikan kembali Golkar sebagai pemenang. Setelah itu, kita duduk lagi mengatur strategi untuk hadapi agenda politik berikutnya, termasuk Pilpres,” kata Akbar di sela Munas X Golkar di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Rabu (4/12/2019).

Mantan Ketua DPR RI itu menilai prioritas utama Partai Golkar saat ini adalah mengerek perolehan suara supaya menjadi partai pemenang. Jika itu sudah terwujud, maka lebih muda bagi partai untuk mencari dukungan Capres di 2024.

“Kalau menurut saya, yang jadi prioritas tugas utama kita ke depan adalah menaikkan perolehan suara Golkar dan kemudian syukur-syukur kita kembali jadi pemenang. Kalau sudah jadi pemenang, relatif lebih mudah untuk kita mencari dan menetapkan capres kita,” tuturnya.

“Menurut saya, prioritas utama yaitu kita naikkan perolehan suara kita. Kita sudah 3-4 kali pemilu mengalami penurunan,” imbuhnya.

Diwartakan sebelumnya, sejumlah DPD menerima Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) dan meminta Airlangga untuk kembali menjadi Ketua Umum Golkar periode 2019-2024. Tidak hanya itu, Airlangga juga didorong untuk menjadi calon presiden pada Pemilu 2024.

Sejumlah daerah yang memberikan dukungan di antaranya DPD Papua Barat, DPD Bengkulu, DPD Maluku Utara, DPD Kalimantan Barat, DPD Sumatera Selatan, DPD Papua, DPD NTT, DPD Sulawesi Utara, DPD Jawa Barat, DPD Sumatera Utara, dan DPD Gorontalo.

Jumlah DPD yang mendukung Airlangga diperkirakan akan terus bertambah seiring dengan pernyataan sikap yang disampaikan secara bergiliran. Pembacaan pandangan umum atau sikap dari daerah diskors sementara untuk istirahat, setelah itu kembali dilanjutkan.