Afsel Jadi Miss Universe 2019, Indonesia 10 Besar

foto: twitter

ATLANTA, Waspada.co.id – Miss Universe 2019 berhasil dimenangi oleh Zozibini Tunzi asal Afrika Selatan, Senin (9/12). Tunzi mengungguli Miss Mexico dan Miss Puerto Riko di tiga besar.

Sukses ini kian menandakan kecantikan, kepintaran, dan karakter wanita asal Afrika Selatan selalu menjadi unggulan di mata dunia. Terbukti, Afsel menjadi pemenang Miss Universe 2017, runner-up 2018, dan kembali jadi pemilik tiara ratu kecantikan sejagad tahun ini.

Sementara itu, langkah Frederika Alexis Cull harus terhenti di 10 Besar. Miss Indonesia tersebut harus mengakui keunggulan para finalis dari negara lain di grand final. Frederika gagal menembus lima besar karena kalah dari perwakilan Thailand (Paweensuda Drouin), Puerto Rico (Madison Anderson), Mexico (Sofía Aragon), Kolombia (Gabriela Tafur), dan Afsel.

Saat berhasil masuk 10 Besar, Frederika menyuarakan isu yang dibawa tidak lain soal akta kelahiran. Sebelum menyampaikan hal itu, ia terlebih dahulu menyebut dalam video menjadi salah satu kontestan termuda di Miss Universe 2019 di usia 20 tahun.

“Saya memiliki yayasan sendiri bernama Voice For The Voiceless kami meningkatkan kesadaran isu mengenai 75 juta anak-anak Indonesia tidak memiliki akta kelahiran,” kata dalam video.

Advertisement

Frederika juga melanjutkan akta kelahiran sebenarnya sangat membantu kehidupan anak-anak baik untuk pendidikan, perlindungan hingga masa depan. Disebutkan, isu ini berpengaruh pada Indonesia dan seluruh dunia.

Hal membanggakan lain adalah banyaknya dukungan netizen terhadap Miss Indonesia pada ajang kali ini. Salah satu negara terbanyak menyuarakan dukungan terhadap Indonesia adalah Filipina, mengingat wakil mereka gagal menembus 10 Besar. (wol/aa/twt/data2)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL