_
Home / Ragam / Gaya Hidup / 350 UMKM Siap Ramaikan Pasar KUMKM 2019
Foto: Istimewa

350 UMKM Siap Ramaikan Pasar KUMKM 2019

Waspada.co.id – Sekitar 350 UMKM siap ramaikan Event Promosi dan Pasar Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah (KUMKM) 2019.

Dengan bertema ‘UKM Naik Kelas, Sumut Bermartabat’ akan digelar di Pajak Kedan, Komplek MMTC Pancing, Kabupaten Deliserdang, Jumat hingga Minggu (6-8/12) mendatang.

Event ini diselenggarakan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Provinsi Sumatera Utara (Diskop UKM Sumut) dan terbesar karena melibatkan 350 Usaha Mikro Kecil Menengah di Sumut.

Plt Kadis Koperasi dan UKM Provinsi Sumut, Haykal Amal didampingi Kepala UPT Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) KUMKM Sumut, Marzuki menuturkan kegiatan ini bentuk upaya pemerintah dalam mengapresiasi dan mengakomodir kreativitas para pelaku UKM di Sumut serta mendorong pemasaran produk mereka.

“Upaya mereka ini harus dihargai, salah satunya dengan pameran ini. Kita ingin melihat sejauh mana UMKM ini bisa memasarkan produknya sehingga UMKM ini mampu ‘naik kelas’. Sebab, salah satu indikatornya adalah adanya peningkatan omzet, sehingga dalam acara ini kita harapkan adanya peningkatan transaksi,” tuturnya, Selasa (3/12).

Tentunya dengan adanya peningkatan transaksi, diharapkan UMKM itu bisa menyerap lebih banyak tenaga kerja. Menurutnya, melalui pameran tersebut masyarakat bisa mengetahui berbagai produk UMKM, tidak hanya dari Kota Medan namun juga Siantar, Padangsidempuan, dan lainnya.

“Pajak Kedan yang berada di kawasan MMTC Jalan Willem Iskandar sengaja dipilih sebagai venue karena pangsa pasarnya bagus dan sesuai dengan pangsa pasar UMKM,” katanya.

Even ini juga akan dimeriahkan pertunjukan artis iukota Juara Rising Star Indah Nevertari serta diramaikan berbagai rangkaian acara lain seperti seminar UMKM (talkshow), band festival, lomba mewarnai anak, lomba busana daerah anak, standup comedy dan pagelaran busana oleh desainer Kota Medan. Setiap hari Promosi dan pasar KUKM ini dibuka gratis untuk umum mulai pukul 10 pagi sampai 10 malam.

“Pameran adalah salah satu ajang promosi yang efektif karena tak sedikit masyarakat yang melakukan pembelian kembali pasca diadakannya pameran. Karena itu, kami berharap ada transaksi yang signifikan karena kami masih memetakan bagaimana kebiasaan masyarakat Sumut dalam membeli produk. Melalui acara ini, saya harap respon masyarakat bisa terbangun. Hasil dari pemetaan ini juga bisa dilihat produk-produk unggulan UKM apa yang ada di Sumut,“tandanya.(wol/rls/data3)

Check Also

Wedding Organizer Semakin Diminati, Miss Planner Lakukan Ini

MEDAN, Waspada.co.id – Wedding planner & organizer saat ini semakin diminati banyak para calon pengantin ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.