Breaking News
_
Home / Sumut / 2019 Pemprovsu Bangun 89 Km Jalan, Rancang LRT, BRT, dan Tol Dalam Kota
foto: Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu

2019 Pemprovsu Bangun 89 Km Jalan, Rancang LRT, BRT, dan Tol Dalam Kota

MEDAN, Waspada.co.id – Infrastruktur menjadi faktor kunci dalam perkembangan pembangunan ekonomi suatu daerah. Karena itu, Pemprovsu fokus peningkatan kualitas infrastruktur di antaranya jalan, pelabuhan, dan angkutan massal.

Sepanjang tahun 2019, Pemprovsu di bawah kepemimpinan Gubernur Edy Rahmayadi dan Wagubsu Musa Rajekshah telah melaksanakan pembangunan dan peningkatan jalan provinsi sepanjang 89,16 km. Selain itu, membangun jembatan sepanjang 169,27 m.

Berdasarkan data dari Dinas Binamarga dan Bina Konstruksi Sumut, dari 3.005,65 Km jalan provinsi, Pemprovsu pemeliharaan rutin jalan sepanjang 2.141 km dan jembatan sepanjang 9.939,53 m. Jalan yang dibangun tersebut di antaranya mendukung kelancaran akses menuju kawasan pariwisata Tangkahan sepanjang 2 km, Bukit Lawang sepanjang 4 km, jalan di kawasan pariwisata nasional Danau Toba melalui akses Rawasaring sepanjang 8,9 km.

Selain itu, Pemprovsu juga membuka kawasan akses terisolir menuju akses pariwisata Danau Toba melalui pembangunan jalan pada ruas jalan Aek Kota Batu-Bts Tobasa/Bts Labura-Prasoburan-Silimbat sepanjang 5,5 Km.

Masih untuk mendukung percepatan pembangunan infrastruktur Danau Toba sebagai destinasi wisata super prioritas nasional, Pemprovsu sepanjang tahun 2019 membangun infrastruktur pendukung dan fasilitas di delapan pelabuhan/dermaga, seperti Dermaga Pelabuhan Balige, Pelabuhan Tongging, Pelabuhan Marbun Toruan dan Pelabuhan Muara, Tigaras, Simanindo, Ambarita, dan Ajibata.

Sekretaris Daerah Provinsi Sumut (Sekdaprovsu) Dr Hj R Sabrina menjelaskan Pemprovsu juga berusaha mewujudkan penyediaan angkutan umum massal yang andal dan mendukung pengembangan Kawasan Strategis Nasional Medan, Binjai, Deliserdang, dan Karo (Mebidangro).

“Pemprovsu merancang penyediaan angkutan massal berbasis Lintas Rel Terpadu (Light Rapid Transit/LRT) dan Bus Rapid Transit (BRT),” ujar Sabrina baru-baru ini.

Tahun 2019, Pemprovsu kerja sama dengan Korea Rail Network Authority (KRNA) untuk pengembangan sistem perkeretaapian di Sumut. Untuk mengurangi kemacatan, Pemprovsu akan membangun tol dalam kota sepanjang 30,97 km dalam tiga seksi.

Tahun ini dilaksanakan studi kelayakan dan proses pembangunan direncanakan tahun 2020. Di antaranya Seksi I Titikuning-Helvetia sepanjang 14,28 km, seksi II Titikuning-Pulo Brayan sepanjang 12,44 km, dan seksi III Titikuning-Amplas sepanjang 4,25 km.

Kadis Bina Marga dan Bina Konstruksi Provinsi Sumatera Utara, Effendi Pohan, menjelaskan Pemprovsu juga meningkatkan akses jalan ke perbatasan antara provinsi. Pihaknya juga kerja sama dengan PT Inalum Tbk untuk pemeliharaan jalan di Kabupaten Tobasa.

Pada tahun 2019, Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Provsu dengan Kementerian PUPR kerja sama untuk penggunaan aspal plastik dan perbaikan tikungan pada ruas jalan Situnggaling-Tongging sepanjang 355 meter. (wol/aa/data3)

editor AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Seluruh OPD Pemprov Sumut Diminta Tingkatkan Penerapan SAKIP

MEDAN, Waspada.co.id – Seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di jajaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.