_
Home / Sumut / Zahir: Guru Berperan Strategis Sebagai Penggerak
WOL Photo

Zahir: Guru Berperan Strategis Sebagai Penggerak

TANJUNG GADING, Waspada.co.id – Dalam rangka Hari Guru Nasional dan HUT Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke 74 Tahun 2019, Dinas Pendidikan Kabupaten Batubara menggelar seminar nasional bertemakan “Strategi Peningkatan Kinerja Guru di Revolusi 4.0”.

Melihat tema tersebut, guru dinilai memiliki peran strategis sebagai penggerak yang mampu menggerakan dan siap bergerak menuju kemajuan bangsa Indonesia melalui dunia pendidikan. Demikian dikatakan Bupati Batubara Ir H Zahir MAP dalam sambutannya pada seminar tersebut di GOR Tanjunggading Inalum, Kecamatan Sei Suka, Kabupaten Batubara, Kamis (28/11).

Zahir menambahkan dalam era revolusi industri 4.0, sistem pendidikan nasional dihadapkan tantangan yang amat kompleks, tetapi menarik. Karena itu, PGRI sebagai organisasi profesi juga ditantang menggerakkan guru, pendidik, dan tenaga kependidikan andil melahirkan pemikiran transformatif dalam pengembangan kebijakan pemerintah sesuai tantangan abad ke-21.

Prof Dr Ibnu Hajar Damanik MPd, selaku narasumber bersama Dr Darwin ST MPd, mengatakan pihaknya sadar tantangan guru sulit saat ini karena disandingkan dan bersaing dengan mesin yang lebih cerdas, cepat, dan efektif dalam pencarian informasi dan pengetahuan.

“Jadi, guru perlu mengubah cara mengajar dari tradisional menjadi pembelajaran multi-stimulan agar lebih menyenangkan dan menarik. Peran guru harus berubah dari pemberi pengetahuan jadi fasilitator, mentor, motivator, inspirator, pengembang imajinasi, kreatif, pengembang nilai-nilai karakter serta mau kerja sama dan empati sosial. Nilai-nilai itu tidak dapat diajarkan mesin,” tambah Ibnu.

Plt Kadis Pendidikan Kabupaten Batubara, Ilyas Sitorus, memberi apresiasi kepada seluruh guru dan tenaga kependidikan, terkhusus guru honorer yang selama ini tiada kenal lelah mengisi kekosongan di sekolah.

“Tanpa dedikasi mereka, tak dapat dibayangkan proses belajar mengajar berlangsung di sekolah. Dalam waktu dekat, Pemkab Batubara melalui Dinas Pendidikan akan menata kembali keberadaan guru-guru kita sejumlah 3.241 orang, terdiri atas 1.952 ASN dan sisanya non ASN,” sebut Ilyas. (wol/aa/data3)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Meghna Sharma Siap Promosi Sumut di Putri Indonesia 2020

MEDAN, Waspada.co.id – Ajang pemilihan Putri Indonesia Sumatera Utara (Sumut) yang diselenggarakan November lalu telah ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.