_
Home / Medan / Secara Nasional, BPJS Kesehatan Nunggak Rp19 Triliun
WOL Photo

Secara Nasional, BPJS Kesehatan Nunggak Rp19 Triliun

MEDAN, Waspada.co.id – Direktur Kepatuhan Hukum dan Hubungan Antar Kerjasama BPJS Kesehatan Pusat, Bayu Wahyudi, mengatakan tujuan kedatangan mereka ke kantor Wali Kota Medan selain ingin berkomunikasi, juga mencari solusi guna menyelesaikan masalah BPJS Kesehatan di ini.

Diakuinya, tidak hanya dengan RSUD Dr Pirngadi, BPJS Kesehatan juga punya tunggakan dengan rumah sakit lainnya di Indonesia.

“Tunggakan itu kita sebut gagal bayar (utang, red). Sampai Oktober 2019, gagal bayar BPJS Kesehatan secara nasional dengan seluruh rumah sakit di Indonesia sebesar Rp19 triliun. BPJS Kesehatan akan menyelesaikan seluruh tunggakan tersebut,” ungkap Bayu, saat berkunjung ke Pemko Medan dan disambut Sekda Kota Medan Wirya Alrahman, Kamis (14/11).

Adapun upaya untuk mengatasi gagal bayar tersebut, jelas bayu, di antaranya dengan menaikkan iuran BPJS Kesehatan melalui Perpres No.75/2019, di mana iuran Kelas 3 yang semula hanya Rp23.000/bulan naik menjadi Rp42.000/bulan, iuran Kelas 2 dari Rp51.000/bulan menjadi Rp110.000/bulan dan Kelas 1 yang semulan Rp80.000/bulan menjadi Rp160.000/bulan.

Kemudian, imbuhnya, melalui suntikan dana dari pemerintah. Menurut Bayu, pemerintah dalam waktu dekat ini akan membantu memberikan dana sebesar Rp9 triliun kepada BPJS kesehatan untuk mengatasi gagal bayar tersebut. “Sisa gagal bayar yang Rp10 triliun lagi sudah kita carikan solusi untuk membayarnya,” ungkapnya.

Mendengar penjelasan Bayu Wahyudi, Sekda dalam pertemuan yang juga dihadiri Kepala Badan Pengelola Kuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Medan T Ahmad Sofyan, perwakilan dari Dinas Kesehatan Kota Medan, RSUD Dr Pirngadi, Bappeda Kota Medan serta unsur BPJS Kesehatan Cabang Medan, sangat berharap agar suntikan dana dari pemerintah sebesar Rp9 triliun, di antaranya digunakan untuk membayar tunggakan dengan RSUD Dr Pirngadi.(wol/mrz/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

“BPJS Kesehatan Harus Bayar Tunggakan di RS Pemerintah”

MEDAN, Waspada.co.id – Anggota Komisi E DPRD Sumut, Tia Ayu Anggraini, mendesak Badan Penyelenggara Jaminan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.