Satlantas Adakan Sidang di Tempat Bagi Pelanggar Lalu Lintas

WOL Photo
Iklan

MEDAN, Waspada.co.id – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polrestabes Medan bersama Pengadilan Negeri Medan melaksanakan tilang dan sidang di tempat dalam Ops Zebra Toba 2019, di Jalan Sisisngamangaraja, tepatnya di Taman Makam Pahlawan, Medan, Senin (4/11).

Adapun mekanisme razia yakni polantas saat melaksanakan razia menemukan pelanggaran oleh pengguna jalan dilakukan penindakan tilang.

WOL Photo

Kemudian, pelanggaran di input ke aplikasi E- Tilang sesuai dengan identitas pelanggar dan jenis pelanggaran serta membubuhkan no briva tilang ke lembar kertas tilang.

No briva adalah no rekening untuk pembayaran denda tilang ke BRI dapat dilakukan langsung ke bank ataupun melalui ATM.

Setelah pelanggar mendapat no briva langsung ke hakim untuk penetapan denda tilang sesuai briva. Selanjutnya si pelanggar dapat membayar denda tilang melalui no briva ke BRI.

iklan

Setelah dibayarkan denda tilang maka bukti pembayaran dapat diberikan kepada kejaksaan untuk pengambilan barang yang disita.

Pihak kepolisian juga menyiapkan mobil samsat keliling di lokasi sidang di tempat, apabila ada masyarakat yg ingin melakukan pembayaran pajak ataupun pengesahan.

“Untuk kegitan Operasi Zebra hari ini, kita melaksanakan sidang di tempat. Alasannya untuk membantu masyarakat mempercepat proses perkaranya. Sehingga tidak harus datang ke pengadilan, tapi kita lakukan sidang di tempat,” tukas Kasat Lantas Polrestabes Medan, AKBP Juliani Prihartini. (wol/lvz/ryan/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Iklan