_
Home / Sumut / Sabrina: Stunting dan Jaminan Kesehatan Jadi Fokus Utama
foto: Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu

Sabrina: Stunting dan Jaminan Kesehatan Jadi Fokus Utama

LUBUKPAKAM, Waspada.co.id – Stunting dan jaminan kesehatan menjadi salah satu fokus utama Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) dalam pembangunan daerah. Untuk itu dibutuhkan sinergi dan kolaborasi dari seluruh pihak yang terkait untuk mewujudkannya.

Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah Provinsi Sumut (Sekdaprovsu), Dr Hj R Sabrina, pada acara peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-55 Tahun 2019 Provinsi Sumut dengan tema ‘Generasi Sehat, Indonesia Unggul’, di Halaman Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Deliserdang, Lubukpakam, Kabupaten Deliserdang, Minggu (17/11).

“Stunting dan jaminan kesehatan menjadi isu kesehatan utama yang harus diselesaikan, terkait membangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas, ini akan menjadi fokus perhatian kita bersama untuk dapat segera diupayakan solusinya,” ucap Sekdaprovsu.

Sabrina mengatakan untuk penanganan masalah stunting perlu adanya sinergi dan kolaborasi yang baik dari beberapa dinas.

“Ini bukan hanya tanggung jawab Dinas Kesehatan, seperti yang kita sampaikan tadi bahwa stunting ini dimulai dari anak dalam kandungan, misalnya Dinas PPPA, mereka harus meningkatkan sosialisasi masalah gizi bagi ibu hamil, kemudian kesehatan reproduksi pada anak remaja sampai kepada orang tua. Faktor sanitasi juga memengaruhi stunting, jadi Dinas PSDA juga akan terus berkaitan dengan masalah sanitasi, air bersih, dan sebagainya. Semua itu bagian upaya pencegahan anak stunting,” ujar Sabrina.

Sabrina juga mengingatkan pentingnya kegiatan promotif-preventif, yaitu pelayanan kesehatan yang lebih mengutamakan promosi kesehatan (promotif) dan pencegahan terhadap suatu masalah kesehatan/penyakit (preventif).

Sekdaprov juga mengajak agar masyarakat untuk merefleksikan sejauh mana keberhasilan pembangunan kesehatan yang telah dilaksanakan menuju Sumatera Utara yang Maju, Aman, dan Bermartabat. Sebelumnya, Wakil Bupati (Wabup) Deliserdang HM Ali Yusuf Siregar mengatakan kesehatan adalah aset berharga.

Sekdaprov dan Wabup Deliserdang didampingi Kadis Kesehatan Sumut Alwi Mujahid, Kadis PPPA Sumut Nurlela, Ketua TP PKK Deliserdang Yunita Ashari Tambunan, dan Kepala RSUD Deliserdang Hanif Fahri menyerahkan piagam penghargaan kepada Rumah Sakit Bandung atas dukungannya kepada pembangunan kesehatan masyarakat Sumut.

Penghargaan juga diberikan kepada RSUD Deliserdang atas partisipasi dan dukungannya terhadap pelaksanaan HKN 2019. Terakhir diberikan penghargaan kepada RS Siloam, RS Adam Malik, dan RS Murnih Teguh atas dukunganya terhadap pelaksanaan Sail Nias 2019. (wol/aa/data3)

editor AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Edy dan Nawal Jalan Sehat Keluarga Bersama Masyarakat

MEDAN, Waspada.co.id – Peringatan Hari Ibu ke-91 Tahun 2019 di Lapangan Merdeka Medan, Minggu (8/12), ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.