_
Home / Ragam / Kesehatan / Punya Kafe Jamu, Rumah Sakit Ini Jadi Destinasi Wisata Kesehatan
Kafe jamu bagi wisatawan (Foto: Pixabay)

Punya Kafe Jamu, Rumah Sakit Ini Jadi Destinasi Wisata Kesehatan

agregasi

Waspada.co.id – Saat ini pemerintah sedang menggalakkan destinasi wisata kesehatan. Bahkan sejumlah tempat telah ditargetkan jadi destinasi wisata tersebut.

RSUP Sardjito masuk dalam roadmap sebagai salah satu destinasi wisata kesehatan di Indonesia. Salah satunya karena rumah sakit di Yogyakarta tersebut mengusung jamu sebagai andalannya.

Direktur Umum dan Operasional RSUP Dr Sardjito, drg Rini Sunaringputri mengatakan, pihaknya siap membantu mewujudkan Wellnes Tourism yang digagas pemerintah. RSUP Sardjito sudah berusaha mengedepankan pelayanan berbasis budaya Jawa dan juga mengkombinasikan bahan-bahan tradisional untuk menjaga kesehatan masyarakat.

Rumah sakit tersebut kini memiliki kafe jamu yang terintegrasi dengan layanan kesehatan masyarakat. “Kami juga punya tenaga-tenaga ahli yang harapannya bisa mengurangi masyarakat yang berobat ke luar negeri malah kemudian mendatangkan pasien dari luar negeri. Selain itu, kami juga mencoba mengangkat tradisi di rumah sakit seperti adanya kafe jamu yang mungkin satu-satunya di rumah sakit Indonesia saat ini,” terang Rini.

Kementrian Kesehatan (Kemenkes) bersama Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif memastikan tindak lanjut destinasi wisata kesehatan yang disampaikan Menkes Terawan Agus Putranto beberapa waktu lalu.

Roadmap destinasi wisata kesehatan mulai disusun dengan beberapa wilayah yang menjadi andalan. Antara lain Jakarta, Yogyakarta, Solo, Semarang dan Bali.

Kepala Pusat Analisis Determinan Kementerian Kesehatan Pretty Multihertina mengatakan, saat ini pihaknya terus menyusun roadmap wisata kesehatan yang dicanangkan beberapa waktu lalu.

Menurut Pretty, Yogyakarta dijadikan salah satu daerah andalan lantaran memiliki potensi luar biasa baik dari pemerintah maupun swasta.

“Di Yogyakarta ini kami hubungkan dengan Solo dan Semarang yang punya potensi luar biasa dalam bidang kesehatan. Potensi-potensi ini kami mulai petakan dan selama tiga hari mulai 25-27 November 2019 bersama stakeholder terkait.”

Bahkan, ujar Pretty, pihaknya melakukan trip uji coba ke Yogyakarta dan Solo untuk melihat apa yang bisa dimaksimalkan.

Seperti dilansir dari KRJogja, dalam kegiatan pembahasan roadmap sendiri diluncurkan pula buku katalog wisata kesehatan di beberapa wilayah andalan tersebut. Beberapa destinasi di DIY mulai disertakan mulai lokasi-lokasi yang menyuguhkan berbagai herbal lokal andalan yang bisa menunjang wisata kesehatan bertema wellness.

Check Also

Wakil Ketua TP PKK Sumut Semangati Anak Penderita Kanker

MEDAN, Waspada.co.id – Anak-anak penderita kanker membutuhkan motivasi dan semangat yang besar untuk menjalani kehidupannya. ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.