_
Home / Pemilu / PKS Tolak Wacana Kepala Daerah Dipilih DPRD
Foto: Okezone

PKS Tolak Wacana Kepala Daerah Dipilih DPRD

agregasi

JAKARTA, Waspada.co.id – Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sohibul Iman, tak sepakat dengan adanya wacana pemilihan kepala daerah (Pilkada) dikembalikan ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD). Hal itu menyusul wacana Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian yang berencana ingin mengevaluasi Pilkada secara langsung.

“Terkait masalah pilkada melalui DPRD, begini kita menyaksikan bahwa hari ini oligarki di dalam politik kita ini sangat luar biasa. Oleh sebab itu, maka kalau pemilihan kepala daerah itu dilakukan DPRD maka kemungkinan oligarki semakin berkuasa itu sangat luar biasa,” ujar Sohibul di Kantor DPP PKS, Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan, Selasa (19/11/2019).

Menurut Sohibul, Pilkada melalui DPRD semakin mempermudakan mengelola oligarki. Karena itu, PKS berpendapat sejauh ini Pilkada secara langsung masih lebih baik.

“Karena para oligarki tidak memiliki keleluasaan yang lebih besar dibandingkan ketika itu dilaksanakan DPRD. Bayangkan saja kalau sebuah daerah anggota DPRD cuma 50 orang, berarti oligarki cukup mengendalikan 50 orang itu,” ujar Sohibul.

“Sementara kalau itu dibuka sebagai pemilihan langsung mereka tentu tidak akan semudah itu melakukan penguasaan politik seperti itu. Jadi, kita mesti lihat realitas politik seperti itu,” tambahnya.

Sohibul juga menganggap Pilkada melalui DPRD kemungkinan bakal memangkas alias mempersulit sosok calon kepala daerah yang mempunyai kapasitas, kapabilitas dan integritas. Apabila sosok tersebut tak masuk dalam lingkaran oligarki.

Sebaliknya, jika Pilkada dilakukan secara langsung dengan dipilih masyarakat, Sohibul pun optimis sosok calon yang mempunyai kapasitas, kapabilitas dan integritas dapat terpilih oleh masyarakat.

“Jadi kami memandang pemilihan langsung masih lebih baik, bahwa ada masalah selama ini tentu menjadi PR (pekerjaan rumah) kita bersama bagaimana kita memitigasi akses-akses yang muncul dari pilkada langsung itu,” ujar Sohibul.

Check Also

Ditemui Partai Berkarya, Pengamat: PKS Butuh Backup Politik

JAKARTA – Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR), Ujang Komarudin, menilai pertemuan elite Partai Berkarya ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.