_
Home / Pemilu / PKS Terbuka Soal Dukung Anak Jokowi di Pilkada Solo
Putra Presiden Jokowi, Gibran (foto: ist)

PKS Terbuka Soal Dukung Anak Jokowi di Pilkada Solo

JAKARTA, Waspada.co.id – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) membuka peluang untuk mendukung putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wali kota Solo dalam Pilkada Serentak 2020.

Sekjen PKS Mustafa Kamal mengatakan pihaknya juga bersedia membuka diri untuk berkoalisi dengan PDIP mendukung Gibran dalam gelaran tahun depan.

“Ya saya kira bisa terbuka untuk membangun komunikasi dan koalisi dengan seluruh partai yang di tingkat pusat berada di pemerintahan ataupun di luar pemerintahan, kita terbuka semuanya,” kata Mustafa saat ditemui pada Rakornas PKS di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (14/11).

Menurutnya, koalisi di daerah lebih cair dibandingkan di tingkat nasional. Dia mengatakan bisa saja partai-partai mengambil posisi berseberangan di nasional, tetapi berkoalisi di daerah.

Mustafa juga berkata PKS mendukung anak muda yang punya kapasitas dan potensi untuk memimpin daerah, termasuk Gibran. Namun keputusan secara spesifik akan diserahkan kepada PKS Solo.

“Ya semuanya kita akan gali dari daerah karena kader-kader Partai Keadilan Sejahtera mempunyai aspirasi, mempunyai forum musyawarah untuk mengusulkan kepada DPP dan pada akhirnya kita akan putuskan,” ujarnya.

Mustafa menyampaikan pembicaraan terhadap langkah PKS di Pilkada 2020 akan dibahas dalam Rakornas 2019 di Jakarta. PKS memasang target untuk memenangkan separuh dari 270 pilkada tahun depan.

“Kita berharap bisa lebih dari 50 persen, nanti kita rumuskan targetnya pada rakornas ini. Kita himpun dulu, pendapat-pendapat di daerah nanti kita punya hitungan-hitungan yang rasional pada angka berapa kita akan membuat target,” ucapnya.

Sebelumnya, Gibran menyatakan kesediaan maju sebagai calon wali kota Solo dalam Pilkada Serentak 2020. Bahkan Gibran mendaftar masuk menjadi kader PDIP dan sowan ke Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan nasib pencalonan Gibran ada di tangan Megawati. Ia menjelaskan PDIP punya mekanisme penjaringan dalam pencalonan kepala daerah yang dimulai dari survei kandidat hingga pemetaan politik.

“Baru nanti keputusan politik yang diambil Ibu Megawati,” ujar Hasto di kediaman pribadi Megawati, Jalan Teuku Umar, Jakarta, Kamis (24/10). (cnnindonesia/ags/data3)

Check Also

PKS Ajukan RUU Perlindungan Ulama dan Tokoh Agama ke Baleg DPR

JAKARTA, Waspada.co.id– Ketua Fraksi PKS di DPR, Jazuli Juwaini menyatakan partainya telah mengajukan atau merevisi ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.