_
Home / Ragam / Kesehatan / Peluang dan Tantangan Dermatologi Kosmestik Indonesia Pada Globalisasi
Prof. Dr. dr. Nelva Karmila Jusuf, Sp. KK (K), FINSDV, FAADV,

Peluang dan Tantangan Dermatologi Kosmestik Indonesia Pada Globalisasi

Waspada.co.id – Perubahan struktur dan karakter sosial budaya penduduk indonesia telah mendorong setiap individu untuk berpenampilan lebih baik.

Beberapa permasalahan kosmetik di kulit yang sering dijumpai antara lain Akne vulgaris atau jerawat, penuaan kulit (kering, kerutan, masalah pigmentasi) dan kelainan rambut (ketombe, uban dan kebotakan).

Menurut Guru Besar Fakultas Kedokter USU, Prof. Dr. dr. Nelva Karmila Jusuf, Sp. KK (K), FINSDV, FAADV, ada sekitar 90 persen remaja menderita akne vulgari, lebih banyak pada laki-laki yang mayoritas ditemukan pada usia 17 tahun.

“beberapa faktor berperan menjadi akne, termasuk faktor genetik, hormonal, stres psikologis, peningkatan jumlah aktivitas Bakteri P. Acne diet,” tuturnya usai ditetapkan sebagai Guru Besar Tetap Fakulltas Kedokteran USU, Selasa (19/11).

Walaupun pengobatan akne mengalami perkembangan pesat namun hingga waktu ini masih menjadi masalah karena banyak faktor yang berperan tersebut.

“Diketahui, bahwa perawatan kulit dengan cosmeceuticals merupakan satu kunci dalam pengobatan akne dan target efek anti bakterial, anti inflamasi,menurunkan produksi sebum, mengurangi resiko kulit kering, iritasi dan sensitivitas cahaya,” ucapnya.

Apalagi melihat, Indonesia sebagai negara dengan keanekaragaman hayati menjawab tantangan untuk
mendapatkan obat herbal berkualitas. Sehingga dapat bersanding dengan obat modern.

“Salah satu bahan herbal yang memiliki potensi efektivitas dalam pengobatan akne adalah krim ekstra binik markisa ungu, karena dapat menghambat pertumbuhan bakteri P. Acnes,” tandanya.(wol/rls/data3)

Check Also

Komunitas Teman Untuk Baik Berbagi Kebahagian Bersama YAPENTRA

Waspada.co.id – Komunitas Teman Untuk Baik merayakan natal bersama anak-anak tuna netra di Yayasan Pendidikan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.