_
Home / Ragam / Kesehatan / Pelajar Alami Depresi Tinggi di Indonesia, Apa Sebabnya?
Ilustrasi (foto: Ist)

Pelajar Alami Depresi Tinggi di Indonesia, Apa Sebabnya?

Waspada.co.id – Indonesia memiliki prevalensi diagnosis depresi sebesar 6,1 persen, mirisnya sebanyak 91 persen penderita tidak diobati karena berbagai macam alasan. Kabarnya tingkat depresi tertinggi di Indonesia dialami oleh para pelajar

Hal tersebut diungkapkan oleh Direktur Rumah Sakit Sanatorium Dharmawangsa, dr. Richard Budiman, Sp.KJ(K). Menurutnya kasus depresi pada anak sudah sangat sering terjadi. Mirisnya pengidap depresi tersebut dialami oleh anak di usia pelajar.

“Depresi pada anak banyak sekali terjadi. Hal ini timbul karena tuntutan zaman yang mengharuskan mereka belajar secara terus-menerus. Akibatnya mereka harus mengorbankan masa kecilnya,” terang dr. Richard, saat ditemui Okezone di kawasan Jakarta Pusat, Jumat (22/11/2019).

Lebih lanjut dr. Richard mengatakan bahwa era 4.0 telah menuntut para generasi muda untuk belajar dah belajar. Alhasil anak-anak sudah tidak memiliki waktu untuk diri mereka sendiri. Bahkan hanya untuk sekadar bermain bola sebagai sarana olahraga dan hiburan.

“Bayangkan zaman sekarang anak di-press untuk terus belajar. Masuk pukul 07.00 pulang pukul 17.00. Bahkan untuk bermain bola saja sudah tidak ada waktu, gimana anak tidak depresi?” lanjutnya.

Bahkan dalam beberapa kasus, banyak orangtua yang berlomba memasukkan anaknya di sekolah bagus agar pintar. Anak-anak kemudian ditekan untuk belajar secara terus-menerus dan berujung pada depresi.

“Jika depresi anak sudah menumpuk dan memuncak, anak akan bereaksi. Makanya tak sedikit ada kasus anak tidak mau bersekolah, malas belajar dan pada kasus yang lebih parah bisa menyebabkan bunuh diri atau psikosis (gangguan mental yang ditandai dengan diskoneksi dari kenyataan),” tuntasnya. (okezone.com/data3)

Check Also

Depresi, Arifin Tewas Gantung Diri

MEDAN, WOL – Arifin (56) warga Jalan Besi, Kelurahan Sukaramai II, Kecamatan Medan Denai ditemukan tewas ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.